Pemerintah Tambah Lima Armada Bus Trans Padang 

Ilustrasi. Pelajar menanti kedatangan bus Trans Padang. Foto : Huda Putra

Ilustrasi. Pelajar menanti kedatangan bus Trans Padang. Foto : Huda Putra

Setelah mendapatkan tambahan armada bus pada tahun 2014, Pemerintah Kota (Pemko) Padang kembali mendapatkan bantuan dari Kementerian Perhubungan RI sebanyak 10 bus. Namun, nantinya pengelolaan 10 bus tambahan tersebut akan diberikan kepada Perum Damri.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Padang, Rudy Rinaldy menyebutkan, penunjukan Perum Damri sebagai pengelola dilakukan oleh Kemenhub. “Kemenhub yang langsung melakukan penunjukan terhadap Perum Damri melalui surat yang dikeluarkannya,” katanya di Padang, Jumat (19/2).

Namun demikian, Rudy menyebut, harus ada penyesuaian tarif terhadap angkutan masal tersebut. “Karena, permasalahannya hanya pada subsidi tarifnya, harus sama dengan Trans Padang. Kita akan bicarakan nanti bagaimana bentuknya,” sebutnya.

Sampai sekarang, menurutnya tidak ada kendala dalam pengelolaan tersebut. “Iya, tidak ada masalah, hanya subsidi tarif itu saja,” jelasnya.

Selain itu, bantuan bus sendiri diberikan setelah adanya pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) oleh DPRD Kota Padang. “Kita akan duduk bersama untuk menentukan kebijakannya dengan pihak terkait,” terangnya.

Untuk diketahui, pengoperasian bus Trans Padang telah dimulai semenjak tahun Januari 2014 dengan 10 armada bus. Kemudian, tahun 2014, Pemko Padang mendapatkan bantuan sebanyak lima bus. Jika ditambah dengan bantuan sekarang, bus yang menghubungkan jalan utama di Kota Padang tersebut berjumlah 25 armada.

 

Komentar

Pemerintah Pemko Padang Trans Padang