Pelita Dharma Warnai Peringatan Waisak di Padang

Perayaan Waisak dengan Pelita Sinar Berkah Tri Suci di Wihara Buddha Warman, Kota Padang. FOTO/YATHADA
Perayaan Waisak dengan Pelita Sinar Berkah Tri Suci di Wihara Buddha Warman, Kota Padang. FOTO/YATHADA

Umat Buddha di Kota Padang memperingati Hari Waisak 2558 dengan menggelar ritual Pelita Dharma atau penyalaan Sinar Terang Dharma (penyalaan lilin) bertempat di Wihara Buddha Warman, Muara, Kota Padang, Rabu (14/5) malam.

Perayaan Waisak tahun ini menjadi kesan tersendiri bagi umat Buddha yang berada di Kota Padang. Umat berharap hari Waisak dapat disambut dengan penuh harapan dan perubahaan menuju kebaikan dan hidup yang penuh dengan kesadaran.

Pelita Dharma juga didahului dengan perayaan ulang tahun Wihara Buddha Warman yang saat ini terhitung menginjak usia 24 tahun. “Kita juga merayakan peringatan hari jadi ke-24 Wihara Buddha Warman yang bertepatan dengan Waisak. Perayaan Pelita Dharma berarti menerangi kegelapan melambangkan tekad untuk senantiasa menyalakan Sinar Terang Dharma,” kata Romo UP, Sudharma SL di Wihara Buddha Warman, Kota Padang, Kamis (15/4) pagi.

Romo menjelaskan, perayaan ini juga berarti dalam melenyapkan kegelapan batin para Umat Buddha agar hidup tentram. “Melalui ajaran Buddha dalam diri kita masing-masing untuk menerangi dan melenyapkan kegelapan batin para Umat. Supaya bisa berkehidupan tenang, damai, sejahtera, harmonis dan bahagia didalam Dharma,” harapnya.

Selain itu, terlihat tadi pagi, Umat Buddha kembali melanjutkan peringatan Waisaknya dengan melaksanakan ritual pemandian Arca Area Kim Sin (Yi Fo). Kemudian, langsung dilanjutkan dengan Upacara Pradhaksina dan Waisak Puja 2558/2014.

“Kita mengambil tema “Buddha Memimpin Kita Hidup Berkesadaran”. Makna ini kita ambil bertujuan untuk menyadarkan para umat akan kesalahannya dan berharap kebaikan akan terus mendampingi umar,” katanya.

Perayaan Waisak di Kota Padang dihadiri sekitar 800an Umar. Nantinya, peringatan ini juga dilengkapi dengan kegiatan sosial seperti donor darah dan bakti sosial.

(Yathada)

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT