Pelajaran Seksual Buat Siswa SD Bingung

Salah satu pertanyaan tentang reproduksi manusia pada buku pelajaran siswa Sekolah Dasar (SD).

Salah satu pertanyaan tentang reproduksi manusia pada buku pelajaran siswa Sekolah Dasar (SD).

Pendidikan seksual sejak dini yang diterapkan oleh pemerintah, membuat sejumlah siswa kebingungan. Pasalnya, pelajaran mengenai alat reproduksi manusia tersebut cukup sulit dicerna oleh para siswa.

Salah satunya yang dialami oleh salah seorang siswa kelas 6 Sekolah Dasar (SD) di Kota Padang berinisial K. Siswa ini sendiri mengaku bingung dengan sejumlah pertanyaan yang ada pada buku pelajaran sekolahnya. Misalnya, pertanyaan tentang wanita hamil, penjelasan sel telur dan sperma, hingga tentang mimpi basah.

Paman dari K, Dheni menyebut, jika keponakannya itu bingung dengan pertanyaan yang tertera dalam buku tersebut.

“Saya sendiri juga bingung, apalagi anak-anak seusia keponakan saya. Karena nalar si anak ini belum sampai tentang pejaran seksual. Sekarang anak ini takut ke sekolah karena tidak mengerti jawabannya,” sebutnya di Padang, Selasa (25/10).

Menanggapi hal tersebut, Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Pendidikan Kota Padang, Barlius mengatakan, jika buku pelajaran mengenai seksual khusus kelas 5 sudah ditarik.

“Untuk buku kelas 5 sudah ditarik, sesuai dengan instruksi dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar. Namun untuk kelas 6 saya belum tahu, tapi seharusnya guru harus menjelaskan secara bijak kepada muridnya,” terangnya.

Barlius, menambahkan, jika orangtua juga dituntut berperan penting untuk mendampingi anak untuk bertanya kepada guru di sekolah. “Jika murid dan orangtua bingung bisa bertanya langsung ke gurunya. Si ibu dampingi anaknya,” jelasnya.

Tidak hanya itu, guru juga diminta menjelasakan anatomi dan reproduksi manusia. Salah satunya untuk memanfaatkan patung praktek yang terdapat pada sekolah.

Komentar

Pelajaran Reproduksi Pendidikan Dini