Pefindo Publish Peringkat Bank Nagari DI idA

Kantor Pusat Bank Nagari. Foto : Internet

Kantor Pusat Bank Nagari. Foto : Internet

Bank Nagari (PT BPD Sumatera Barat) saat ini termasuk dalam prospek stabil oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia atau Pefindo dalam peringkat “idA”. Peringkat ini sendiri berlaku hingga Oktober 2017.

Dilansir Bisnis.com melalui publikasi Pefindo, Senin (10/10/2016) kemarin, peringkat juga berlaku dua empat penerbitan surat utang, ialah Obligasi VII/2015 dan Suku Mudharabah II/2015. Sedangkan, Obligasi Subordinasi I/2010, Obligasi Subordinasi II/2012 mendapat peringkat “idA-“.

Pefindo sendiri menilai, peringkat yang diperoleh Bank Nagari mencerminkan kemampuan kuat dalam memenuhi kewajiban jangka panjang dibandingkan dengan Obligor sejenis yang ada di Indonesia.

Peringkat Bank Nagari, menurut Pefindo mencerminkan posisi kuat perseroan pada pasar Kredit Sumatera Barat. Bank Nagari juga menikmati margin tebal dari penyaluran bisnis ke segmen pegawai negeri. Total kredit yang disalurkan Bank Nagari per Juni 2016 mencapai Rp15,03 triliun.

Di sisi lain, peringkat Bank Nagari dibatasi oleh rasio kredit bermasalah atau NPL yang tinggi di segmen kredit produktif. Bank Nagari juga menghadapi persaingan yang ketat di segmen ini. Per Juni 2016, rasio NPL gross atau NPL kotor Bank nagari mencapai 3,3%.

Komentar

Bank Nagari Pefindo Peringkat idA