Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Pawai Unik Persembahan Siswa SDN 44 Sungai Lareh

Pawai Unik Persembahan Siswa SDN 44 Sungai Lareh, Kota Padang, Sumatera Barat.
Pawai Unik Persembahan Siswa SDN 44 Sungai Lareh, Kota Padang, Sumatera Barat.

Dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 di 2017, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 44 Sungai Lareh, Jalan Pertanian No 18, Lubuk Minturun, Kecamatan Kototangah, Kota Padang, Sumatera Barat tampil terampil dalam pawai, Jumat (25/8/2017).

Seluruh siswa mulai kelas I sampai VI SD antusias, bahkan wali murid, para guru dan termasuk kepala sekolah turut serta dalam agenda tersebut. Rela berpanas-panas untuk memberikan support dan semangat kepada para peserta didik mereka.

Keunikan yang khas ditunjukan murid SDN 44 Sungai Lareh saat pawai digelar, tidak hanya atraksi permainan musik drumband,  tetapi juga mereka mengenakan pakaian adat Minangkabau, para siswa iring-iringan pawai dengan barisan sesuai kelas dan dipantau pula oleh guru wali kelas masing-masing serta orangtua, berjalan mulai dari halaman sekolah sampai ke kawasan dinas kehutanan, jarak tempuh 2,5 Kilometer.

“Momen ini merupakan ajang kreatifitas ekstrakurikuler sekaligus mengajarkan dan mensosialisasikan sejak dini kepada semua siswa tentang seni, budaya dan tradisi,” ujar Kepala Sekolah SDN44, Sungai Lareh, Kototangah, Kota Padang, Santi Ramadhani.

Rombongan pawai SDN 44 Sungai Lareh, Kota Padang, Sumatera Barat.
Rombongan pawai SDN 44 Sungai Lareh, Kota Padang, Sumatera Barat.

Kesemuanya itu sebut Santi, sebagai bekal awal untuk siswa dalam memahami akan ragam budaya termasuk Minangkabau. Kegiatan ini tidak hanya diakomodir oleh pihak sekolah melainkan kerjasama para orangtua siswa.

“Saya secara pribadi terharu melihat atraksi anak-anak kami, bahkan orangtua siswa serta guru rela berpanas-panas untuk memberikan semangat kepada anak didik. Semoga curahan ilmu menjadi berkah dan bermanfaat dan berharap kerjasama dan dorongan orangtua tetap erat,” ungkap Santi.

Suasana lomba berlangsung meriah, walau bersifat hiburan. Namun ada unsur pendidikan dan menjalin kebersamaan, apalagi siswa-siswa menjadi perwakilan tiap kelas.

“Mereka menyemangati satu sama lain, kegigihan dan semangat mereka perlu jadi teladan. Kekompakan mereka tadi terlihat sangat,” ungkap Diana Fitria Ningsih, PTT  Perpustakaan SDN44, Sungai Lareh.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT