Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Panwaslu Temukan Pelanggaran 10 Paslon

unduhan

POLITIK  – Meski kampanye Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Kota Padang sudah resmi dimulai sejak Minggu (13/10) tapi efektifnya baru pada Rabu (16/10) depan. Pengawasan terhadap calon sudah dilakukan oleh Panwaslu.

Menurut Panwaslu, semua pasangan calon kepala daerah (Cakada) telah melabrak rambu-rambu aturan kampanye, terutama dalam hal pemasangan alat peraga. “Semua Cakada itu melanggar aturan berkampanye,” ujar Ketua Panwaslu Kota Padang, Nurlina, Senin (14/10) di kantornya Jalan Azizi, Andalas Padang.

Ketua Panwaslu Kota Padang ini mengatakan, semua temuan pelanggaran Cakada itu terkait dugaan pelanggaran administrasi. “Kami putuskan pada pleno Panwaslu dengan rekomendasi mendesak KPU Kota Padang menindaklanjuti dugaan pelanggaran administrasi,” ujar Nurlina.

Anehnya, kata Nurlina, KPU Kota Padang justru menganggap angin lalu saja rekomendasi Panwaslu itu.
“Kita kecewa dan bisa saja kita mengadukan KPU kepada Bawaslu Sumbar akibat menganggap angin lalu rekomendasi Panwaslu Kota Padang,” ujarnya.

Koordinator Divisi Pengawasan Panwaslu, Afrilda Sari, juga mengungkap kekecewaan tidak ditindaklanjuti rekomendasi Panwaslu itu. “Membalas surat Panwaslu Padang saja tidak diakukan oleh KPU,” ujar Afrilda Sari sembari mengatakan bahwa Panwaslu menerapkan aturan yang dibuat KPU sendiri tapi KPU Padang tidak menganggap rekomendasi yang diberika Panwaslu.

Nurlina menambahkan, pelanggaran yang dilakukan oleh ke-10 pasangan calon kepala daerah Kota Padang adalah ditemukan pada baliho yang dipajang di sejumlah tempat. “Baliho yang berisi foto pasangan calon, nomor urut, visi misi dan ajakan tersebut, merupakan sebuah bentuk pelanggaran, karena telah ditampilkan sebelum dimulainya masa kampanye,” ujar Nurlina.

Sumber : KLIKSUMBAR

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT