Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

PANWASLU Akan Kaji Soal Khotbah Mahyeldi

87mahyeldiPOLITIK – Panwaslu Kota Padang akan melakukan kajian atas respons masyarakat terhadap Cawako Padang Mahyeldi Ansharullah yang menjadi khatib Idul Adha di halaman Kantor Gubernur Sumbar, Selasa (15/10). Ada yang masyarakat yang protes seperti diberitakan oleh media massa.

Materi khotbah Mahyeldi Ansharullah tidak ada bau kampanye. Dalam khotbahnya pun ia tidak mengajak masyarakat untuk memilihnya. “Tidak khotbah Pak Mahyeldi yang berbau kampanye.” kata Muslim, seorang warga Padang Pasir mengatakan.

Namun buku khotbahnya yang dibagi-bagikan, ada gambar Mahyeldi Ansharullah mengenakan baju yang sama digunakan pada gambar atribut kampanyenya. Khotbahnya pun berjudul “10 Pelajaran dari Ibrahim dan Keluarganya”, dimana nomor urut 10 adalah milik Mahyeldi-Emzalmi.

Panwaslu Padang menyikapi dengan hati-hati. Ketua Panwaslu Padang, Nurlina K., menegaskan pihaknya tengah melakukan kajian. “Kami masih melakukan kajian apakah menjadi khatib Idul Adha, calon tersebut memenuhi unsur formil kampanye apa tidak, ini yang kita dalami,” kata Nurlina.

Menurut Nurlina, ada empat syarat formil baru calon bisa dikatakan seseorang berkampanye, yaitu gambar pasangan calon, nomor pasangan calon, visi dan misi serta ajakan untuk memilih atau mencoblos pasangan calon tersebut.

Nurlina berjanji kajian Panwaslu akan disampaikan kepada rekan wartawan. “Sabar saja nanti juga kita sampaikan bagaimana kajian Panwaslu Padang,” ujarnya.

Pada bagian lain Nurlina mengakui masih rendahnya partisipasi masyarakat untuk melaporkan pelanggaran Pilkada yang dilakukan 10 pasangan calon. “Masih rendah partisipasi untuk melaporkan pelanggaran, baru satu yang resmi,” kata Nurlina.

Panwaslu Padang masih berharap adanya proaktif masyarakat melaporkan setiap dugaan pelanggaran Pilkada. Apalagi selama masa kampanye ini rawan pelanggaran. “Diharapkan, laporan yang disampaikan kepada Panwaslu disertai minimal dua alat bukti, kata Divisi Pengawas Panwaslu Padang, Afrilda Sari.

Sumber : KLIKSUMBAR (Afiliasi)

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT