Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Ombudsman Sumbar Ajak Masyarakat Awasi Pilpres

Ombudsman RI.
Ombudsman RI.

Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat mengimbau agar masyarakat dapat mengawasi langsung tahapan Pemilu Presiden (Pilpres), 9 Juli mendatang.

Menurut Kepala Ombusdman Sumbar, Yunafri, pengawasan dari masyarakat sangat diperlukan agar semuanya jadi transparan atau terbuka.

“Kita ajak dan himbau masyarakat mengawasi Pilpres, ini tugas kita semua. Jika kita semua mengawasi pastinya kecurangan dapat diminimalisir,” katanya di Padang, Senin (7/7).

Tak hanya masyarakat umum, Ombusdman Sumbar juga mengimbau agar kepala daerah juga turun langsung dalam mengawasi pelaksanaan Pilpres. “Karena kepala daerah adalah pimpinan untuk setiap daerah yang bertanggungjawab semua tahapan Pilpres dalam berjalan dengan semestinya,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga mengharapkan supaya penyelenggara Pemilu dapat memberikan kemudahan dan petunjuk bagi masyarakat untuk memilih.

“Kita pastinya harapkan peran dari pihak penyelenggara dapat membawa animo masyarakat untuk memilih. Ditambah, memberikan kemudahan dan petunjuk bagi masyarakat untuk memilih,” katanya.

Ombusman sendiri juga berjanji akan turun berpartisipasi dalam Pilpres, terutama dalam segi pengawasan. “Pengawasan merupakan juga kewajiban Ombudsman, termasuk Pilpres. Ini cara kita untuk mempermudah kerja dari Bawaslu maupun Panwaslu,” tutupnya.

Komentar
BERITA TERKAIT