Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Ombudsman Bakal Awasi Kegiatan Ospek

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Memasuki tahun ajaran baru, hampir seluruh Universitas terutama Negeri di Sumatera Barat melaksanakan kegiatan Ospek dalam menyambut mahasiswa baru. Tidak tertinggal, sekolah mulai dari tingkat SMP hingga SMA yang menggelar Masa Orientasi Siswa (MOS).

Dalam pengawasannya, Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat berjanji akan melakukan pengawasan penuh terhadap kegiatan yang seringkali menuai kontroversi.

Kepala Ombudsman Perwakilan Sumbar, Yunafri mengatakan, pihaknya akan memprioritaskan pengawasan terhadap Perguruan Tinggi (PT) dalam melaksanakan kegiatan Ospek.

“Kita akan berkoordinasi pengawasannya terhadap PT, tidak langsung ke panitianya. Cara ini kita pakai supaya pihak PT bisa memberikan penekanan kepada panitia agar tidak memakai cara kekerasan saat Ospek berlangsung,” katanya di Kantor Ombudsman perwakilan Sumbar, Abdul Ahmad, Kota Padang, Selasa (5/ 8).

Ia menambahkan, panitia Ospek dan MOS harus menerapkan kegiatan yang berorietansi positif.

“Panitia tidak boleh lagi memakai cara-cara lama, seperti perploncoan, itu dilarang. Ikuti prosedur dan aturan yang telah ada. Kegiatannya kan bisa berbau positif, ya, seperti gotong royong dan sosial lainnya,” jelasnya.

Untuk diketahui, salah satu PT Negeri yakni Universitas Andalas memulai Ospek atau Bakti 2014 pada hari ini. Unand sendiri memulainya dengan Gladi Resik hingga berakhir pada 9 Agustus mendatang.

Sementara untuk tingkat SMP dan SMA, terpantau sudah dimulai pada Senin (4/8) lalu.

 

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT