OJK Canangkan Gerakan Menabung di Sumbar

Otoritas Jasa Keuangan.

Otoritas Jasa Keuangan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Sumatera Barat bersama sekitar seribu siswa Kota Padang mencanangkan Gerakan Menabung di Pantai Muaro Lasak, Minggu (31/7).

“Pencanangan ini agar para generasi muda giat menabung dan sejumlah perbankan akan melayani tabungan pelajar,” kata Kepala Kantor OJK Perwakilan Sumbar Indra Yuheri di Padang, Minggu.

Pihaknya telah meminta perbankan se-Sumbar mendatangi sekolah-sekolah setiap Rabu untuk melayani tabungan pelajar.

“Kegiatan ini bahkan didukung penuh oleh Gubernur Sumbar sehingga perbankan-perbankan di daerah harus dapat menjangkau seluruh sekolah,” katanya.

Menurutnya, para siswa itu tidak harus menabung dengan nominal besar melainkan cukup mulai Rp5.000, sebab yang penting dibiasakan dan secara rutin anak-anak di Sumbar peduli perekonomian.

“Setoran di Bank Negara Indonesia (BNI) mulai dari Rp10.000. Kalau di Bank Rakyat Indonesia (BRI) mulai Rp5.000. Nanti di Bank Nagari diusahakan dapat lebih rendah,” jelasnya.

Dalam pencanangan Gerakan Menabung, dilakukan penyerahan simpanan pelajar secara simbolis dari Gubernur Sumbar ke sejumlah perbankan di antaranya BNI, BRI, Bank Nagari, Bank Mandiri dan Bank CIMB Niaga.

Kemudian dilakukan pula penyerahan dari perbankan tersebut secara simbolis pada perwakilan lima siswa dari sejumlah sekolah di Kota Padang.

Sementara Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengapresiasi program OJK itu dan mendukung gerakan tersebut.

“Kegiatan ini harus didukung bersama sehingga perlu tindaklanjut serius ke sekolah-sekolah se-Sumbar. Bank juga harus sosialisasikan program ini pada anak-anak semaksimal mungkin,” ujarnya.

Ia mengimbau para siswa untuk menyisihkan uang saku, mulai menabung dan memikirkan masa depan sejak dini.

(Antara Sumbar)

Komentar

Ekonomi Menabung OJK