Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Narapidana LP Muara Padang Ikuti Wawasan Kebangsaan

Lapas LP Muara Padang. Foto : Istimewa.
Lapas LP Muara Padang. Foto : Istimewa.

Komando Resort Militer (Korem) 032 Wirabraja melakukan kerjasama dengan Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Sumatera Barat. Kerjasama ini dalam bentuk pembinaan narapidana pada kegiatan Wawasan Kebangsaan.

Kerjasama antara dua institusi ini dihelat bertempat di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Muara Kelas II Kota Padang, Selasa (26/8). Untuk kerjasama ini langsung dilakukan pertama kali pada LP Muara Kelas II.

Kalapas Muara Kelas II Padang, Destri Syam menyebutkan, kerjasama merupakan inisiatif dari Korem dalam meningkatkan pengetahuan dan cinta tanah air para narapidana.

“Ini pertama kalinya dilakukan dan merupakan inisiatif dari TNI. Kita sangat apresiasi langkah dari TNI tersebut,” katanya.

Ia menjelaskan, penerapan wawasan kebangsaan tersebut diterapkan pada narapidana yang akan bebas. Pasalnya, narapidana yang akan bebas perlu diberikan pencerahan supaya tidak lagi mengulang kesalahan yang sama.

“Kita pilih narapidananya yang akan bebas disini. Karena, mereka kan akan terjun kembali ke masyarakat, jadi ini salah bentuk atau langkah positif dalam memberikan pencerahan supaya tidak lagi mengulang perbuatan kriminalnya,” jelasnya.

Terlihat, ratusan narapidana memenuhi Aula LP Muara Kelas II Padang. Dipimpin oleh Instruktur dari satuan TNI, para narapidana mengikut kegiatan ini dengan sangat antusias.

Dalam kerjasama tersebut langsung dilakukan oleh Komandan Resort Militer (Danrem) 032 Wirabraja, Brigjen TNI Widagdo Hendro S. bersama Kepala Pas Sumbar Hartono.

“Tidak hanya LP Muara kelas II Padang yang diberikan kegiatan ini. Melainkan secara keseluruhan pada LP yang ada di Sumatera Barat,” harapnya.

Turut hadir Sekretaris Direktorat Jenderal Kemasyarakatan Kemenkumham RI, Ma’mun didampingi Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar, Purwadi Utomo.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT