Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Musim Hujan di Sumbar Diperkirakan Hingga Desember

Ilustrasi. Foto : TribunNews
Ilustrasi. Foto : TribunNews

Potensi hujan berintensitas tinggi diperkirakan akan melanda sejumlah daerah di Sumatera Barat hingga pertengahan bulan Desember 2014.

Kasi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping Padang, Budi Samiaji mengatakan, musim penghujan di Sumatera Barat terjadi dari bulan Oktober hingga November mendatang. “Namun, kita perkirakan, cuaca ini akan berlangsung sampai pertengahan bulan Desember,” katanya di Padang, Kamis (30/10).

Budi menyebut, untuk arah angin saat ini bergerak dari Tenggara menuju Barat Laut dan Utara. “Untuk arah angin sekarang dari tenggara menuju Barat Laut-Utara,” jelasnya.

Sedangkan, untuk kecepatan angin sendiri berkisar antara 8-35 KM/Jam. “Cukup kencang rata-ratanya setiap hari. Hari ini saja kecepatannya antara 7 sampai 40 KM/Jam,” terangnya.

Selain itu, terkait gelombang laut, terutama pada perairan Mentawai, saat ini terpantau maksimal mencapai ketinggian 2 meter. “Untuk rata-rata beberapa hari belakangan berdasarkan pantauan maksimal 2 meter untuk perairan Mentawai dan perairan Barat Mentawai,” katanya.

Sementara itu, dampak gelombang laut terhadap nelayan, Budi sendiri menyebut bahwa kemungkinan para nelayan sudah mengetahuinya. “Nelayan mungkin sudah tahu apa yang harus mereka lakukan jika gelombang laut mencapai 2 meter. Kita hanya himbau untuk waspada saja,” tutupnya.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT