Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Mudik Lebaran, Damkar Himbau Masyarakat Perhatikan Barang Pemicu Api

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Selama bulan Ramadhan, sedikitnya enam kebakaran melanda Kota Padang. Enam kebakaran ini terhitung mulai dari 9 Juli hingga 27 Juli.

Kebakaran sendiri sempat menelan korban saat melanda rumah permanent di kawasan Pengambiran, Kota Padang pada Selasa (22/7) lalu. Seorang nenek berusia sekitar 75 tahun meninggal dunia karena diduga terperangkap saat kebakaran berlangsung.

Terakhir, hari ini, tepatnya dini hari tadi, Golden Bakery yang tertelak di kawasan Permindo kembali dilahap api. Kebakaran ini merupakan kali kedua yang dialami oleh Golden Bakery setelah sebelumnya juga dilahap api beberapa waktu lalu.

Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang, Edi Asri mengakui banyaknya kebakaran selama bulan Ramadhan. Penyebabnya sendiri bervariasi, ada yang disebabkan arus pendek maupun barang pemicu api lainnya.

“Iya, hampir setiap hari ada kebakaran, terutama dalam sepekan. Penyebabnya sendiri bervariasi, ada yang karena arus pendek dan lainnya,” katanya saat dihubungi via seluler.

Ia mengingatkan kepada masyarakat, terutama dalam masa lebaran ini agar lebih mewaspadai dan memerhatikan segala barang yang dapat memicu api.

“Kita himbau masyarakat untuk tetap waspada, terutama yang meninggalkan rumahnya untuk mudik lebaran agar terlebih dahulu mengecek dan mematikan barang yang dapat memicu api, maupun korsleting listrik,” ujarnya.

Pihaknya sendiri tetap menyiagakan mobil maupun personel pemadam kebakaran selama lebaran. “Pastinya, ada regu piket yang terus berjaga 24 jam secara bergantian untuk siap siaga dalam mengantisipasi dan menanggulangi kebakaran yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu,” tuturnya.

Komentar
BERITA TERKAIT