Minyak Goreng, Pemko Padang Isyaratkan Warga Teliti

Balaikota Padang. Foto : Istimewa

Balaikota Padang. Foto : Istimewa

Pemerintah Kota (Pemko) Padang mengimbau agar masyarakat tidak membeli minyak goreng curah, terutama yang berbungkus plastik.

“Warga agar tidak membeli minyak goreng curah yang dibungkus plastik,” kata Sekretaris Dinas Perdagangan Perindustrian Pertambangan dan Energi Kota Padang (Disperindagtamben), Nasril di Padang.

Nasril menyebut, jika minyak goreng curah dalam bentuk bungkusan plastik tidak higenis. Pasalnya, pengawasan dan perawatan alat yang digunakan pedagang tidak terjamin.
Selain itu, plastik yang digunakan juga tidak baik untuk mengemas makanan secara langsung lantaran mengandung zat kimia yang berbahaya.

“Terkadang minyak yang dijual dicampur dengan minyak kedaluwarsa sehingga dapat membahayakan kesehatan. Selain itu takarannya pun terkadang tidak sesuai,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya sendiri mengimbau agar masyarakat membeli minyak kemasan yang memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) karena takaran dan kehigenisannya terjamin.

Sebab Disperindagtamben selalu meninjau pabrik minyak untuk melihat proses produksi dan pengemasan serta kandungan kemasan yang digunakan.

“Pemerintah telah mengeluarkan peraturan yang melarang penjualan minyak secara eceran yang takarannya ditentukan pedagang,” pungkasnya.

Komentar

Kesadaran Masyarakat Minyak Curah