Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Minggu, Car Free Day GOR Agus Salim Diresmikan

GOR H. Agus Salim Kota Padang. (Foto:perjalananharianku.blogspot.com)
GOR H. Agus Salim Kota Padang. (Foto:perjalananharianku.blogspot.com

Dispora Kota Padang mengumumkan akan diresmikannya Hari Tanpa kendaraan atau yang lebih dikenal Car Free Day di lingkungan GOR H Agus Salim pada Minggu (10/8) nanti.

Dalam kegiatan yang akan diikuti seluruh SKPD Pemko Padang, pelajar dan masyarakat umum tersebut diperkirakan bertambah meriah dengan adanya kegiatan jalan santai dan senam masal di pagi harinya yang kemudian ditutup dengan penyerahan doorprize.

Kadispora Kota Padang, Suardi mengatakan, Car Free Day ini rencananya akan diresmikan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama Walikota Padang. Bahwasanya, setelah diresmikan nanti, setiap hari Minggu kawasan GOR H Agus Salim menjadi kawasan berolahraga yang bebas dari hal-hal yang mengganggu masyarakat berolahraga.

Dimana, setelah launching nanti, pada hari tersebut, mulai pukul 05.30 WIB – 11.00 WIB kawasan ini akan steril dari kendaraan bermotor dan di setiap persimpangan jalan akan ditutup.

“Jadi, Car Free Day ini bertujuan yaitu untuk menertibkan para pedagang yang berjualan di seputaran kawasan GOR H Agus Salim, agar berjualan tidak membawa kendaraanya ke dalam kawasan GOR.

Sebagai solusinya, bagi pedagang telah disediakan dan ditentukan tempat berjualannya. Kemudian pedagang dianjurkan untuk memarkir kendaraannya di bagian luar jalan seputaran GOR H agus Salim,” terang Suardi

Suardi melanjutkan, adapun upaya ini sebenarnya demi mendukung masyarakat yang berolahraga pada hari tersebut. Dimana, dari banyaknya keluhan selama ini, masyarakat mengungkapkan terganggu dengan banyaknya kendaraan berlalu lalang dengan gangguan polusi asap kendaraannya.

Sementara pedagang yang berjulan dengan menggunakan mobilnya juga menyebabkan kemacetan.

“Jadi, kita tidak menghalangi pedagang yang mau berjualan di sini, Cuma melakukan penataan dan pengarahan. Di samping itu, kita juga menginginkan kawasan olahraga ini bebas dari kendaraan.

Sebagaimana pihak Dispora telah memberikan sosialisasi, baik secara lisan, tertulis dan media massa bagi pedagang. Untuk itu, mulai dari hari Minggu nanti mau tidak mau Car Free Day di kawasan GOR H Agus Salim wajib berjalan setiap minggunya, demi kepentingan masyarakat yang berolahraga di sini,” jelasnya.

( Humas dan Protokol Pemko Padang)

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT