Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Michel-Jadi Dituding Curi Start, Laporan LBH Pers Aneh

safe_image

POLITIK – Cawako Padang nomor urut dua, Muhammad Ichlas El Qudsi dan Januardi Sumka diduga LBH Pers telah melakukan kampanye di luar jadwal. “Kami menduga Michel-Jadi melanggar Keputusan KPU Padang No. 61 Tahun 2013 yang telah menetapkan jadwal kampanye tanggal 13 sampai 26 Oktober 2013, karena itu kami laporkan kepada Panwaslu,” ujar Roni Saputra dari LBH Pers.

LBH Pers saat melapor juga menyampaikan beberapa bukti kepada Panwaslu Padang, seperti liflet, buletin, stiker dan 14 kliping koran media massa cetak lokal tentang foto dan berita Michel Jadi. “LBH pers Padang berpendapat bahwa bukti-bukti yang diserahkan telah memenuhi kriteria sebagai media kampanye sebagaimana yang dimaksud pasal 11 Peraturan KPU No 69 tahun 2009 tentang Pedoman Teknis Kampanye Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, yang memuat visi misi dan program terlapor,” ujar Roni.

“Berdasarkan hal di atas, LBH Pers Padang meminta agar Panwaslu menindaklanjuti dugaan pelanggaran tersebut dan berkoordinasi dengan KPU dan aparat penegak hukum terkait dugaan pelanggaran pemilu atau tindak pidana Pemilu,” ujar Roni.

“Ya laporan sudah kita terima Selasa (8/10). Sesuai UU, maka laporan dari LBH Pers dalam tiga hari ini kita tindaklanjuti,” ujar Ketua Panwaslu Padang, Nurlina K., Rabu (9/10) di Kantor Panwaslu Jalan Azizi, Andalas, Padang.

Laporan LBH Pers ini dinilai aneh oleh kubu Michel-Jadi. Salah seorang pentolan Partai Demokrat Sumbar, Gusfen Khairul mengatakan, laporan LBH Pers ini aneh dan tebang pilih. “Ada pasangan calon lain yang justru memajang visi misinya di pinggir jalan, bikin liflet juga, ada juga berita dan fotonya di media, kok hanya Michel Jadi yang dilaporkan. Ini ada apa LBH Pers?” kata Gusfen Khairul.

Menurut Gusfen Khairul, dengan melampirkan sejumlah kliping berita koran dalam pengaduannya sepertinya LBH Pers ingin membenturkan media massa dengan Panwaslu dan Cawako Padang. “Saya himbau media massa jangan mau dibenturkan seperti ini. Teruslah memberitakan Pemilukada Kota Padang beserta Cawakonya, sehingga masyarakat Padang dicerdaskan untuk memilih calon yang baik,” kata Gusfen Khairul.

Karena itu, Gusfen Khairul akan meminta Tim Sukses Michel Jadi untuk segera menyikapi pengaduan ini dan mengambil langkah-langkah strategis.

Sumber : KLIKSumbar

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT