Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Menu Istimewa Gala Dinner Presiden SBY di World Culture Forum 2013

sbyruangmakanapecPresiden SBY dan Ibu Ani Yudhoyono hadir dalam jamuan makan malam atau gala dinner untuk peserta Forum Kebudayaan Dunia (World Culture Forum 2013). Menu yang disajikan malam ini begitu istimewa.

Acara gala dinner digelar di Garuda Wisnu Kencana, Jimbaran, Bali, Minggu (24/11/2013).

Makanan utamanya dinamakan ‘Tumpeng Archipelago’. Tumpeng ini dikelilingi makanan khas nusantara. Diantaranya, sapi panggang bumbu rendang Padang, ayam panggang bumbu rujak, ikan kakap acar kuning Borneo, udang bakar Jimbaran, sate lilit ayam Madura, dan sayur urap Yogyakarta.

Nasi kuning yang dibentuk tumpeng ini adalah karya pakar kuliner Indonesia, Vindex Tengker.

Mendikbud Mohammad Nuh dalam sambutannya menjelaskan, WCF bertujuan untuk mewujudkan kesepahaman bahwa kebudayaan merupakan bagian integral dari pembangunan berkelanjutan. Kebudayaan merupakan kerangka etik yang memungkinkan keterlibatan semua pihak memperoleh keuntungan dari pembangunan.

“Karakteristik dasar budaya adalah lintas negara, bangsa, dan agama sehingga budaya menjadi kekuatan yang sangat dahsyat dalam membangun dunia yang berkelanjutan. Kita menyadari tanpa budaya, tanpa masa depan,” ujar M Nuh.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Hj Ani Yudhoyono tampil kompak, mengenakan pakaian batik warna oranye. Tamu undangan dihibur pertunjukan budaya berjudul ‘The Renaissance of New World Civilization”.

Ratusan penari, karnaval perwakilan negara-negara sahabat dan perwakilan festival-festival Indonesia bergabung menjadi satu pertunjukan terpadu yang mengitari dan berputar di area Garuda Wisnu Kencana.

Acara pembukaan WCF 2013 sendiri akan digelar di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali Senin (25/11) pukul 09.00 Wita. Presiden SBY akan membuka sekaligus memberikan pidato.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT