Menteri BUMN Resmikan Pembangunan Pabrik Indarung IV

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Menteri Badan Usama Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan meresmikan proyek pembangunan Pabrik Indarung IV, PT Semen Padang, Senin (26/5).

Dibuatnya pabrik keempat ini, menurut Dahlan bisa menaikkan produksi PT Semen Padang kedepannya. “Dengan bertambahnya pabrik ini, maka produksi PT Semen Padang semakin meningkat sebanyak 10,5 juta ton per tahunnya,” katanya usai peresmian.

Ia menyebut, selain proyek pabrik Indarung IV ini, Semen Indonesia saat ini juga fokus dalam pembangunan pabrik Tang Long Vietnam (Semen Indonesia Grup) di Myanmar. “Pembangunan dilanjutkan di Tang Long Vietnam yaitu di Myanmar, dengan itu saat ini Semen Indonesia berhasil menjadi perusahaan pabrik semen terbesar se Asia Tenggara,” tuturnya.

Sementara, Direktur Utama Semen Indonesia, Dwi Sutjipto menyebutkan, peningkatan produksi Semen Padang akan dapat memaksimalkan pemenuhan permintaan semen di Indonesia.

“Saat ini, kapasitas produksi PT SP dari lima parbrik yang beroperasi mencapai 7,4 juta ton pada quartal ke-4 tahun 2014. Dengan selesainya pembangunan Indarung VI, total kapasitas produksi PT SP pada quartal ke-4 2016 mencapai 10,4 juta ton,” katanya.

Data menyebutkan, pertumbuhan demand semen di wilayah Sumatera, mencapai 1,5 persen. Sedangkan market share dari Semen Indonesia di Sumatera mencapai 45 persen. Di Indonesia, pertumbuhan demand semen 5,5 persen dan market share mencapai 12 persen.

Pembangunan pabrik Indarung VI Semen Padang ini ditargetkan rampung pada tahun 2016 mendatang.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT