Mentawai Megathrust, Ancaman Gempa Sumatera

Kepala BNPB Syamsul MaarifAncaman gempa bumi Megatrusht menghantui pesisir pantai barat Sumatera. Hal ini langsung menjadi momok bagi warga Sumatera, khususnya Sumatera Barat, karena wilayah ini merupakan provinsi terdekat dari sumber Megatrusht tersebut.

Energi Megatrusht yang terletak di Siberut diprediksi para pakar bisa melepaskan energi yang sangat kuat, bahkan hingga 8 skala richter.

Pasalnya, menurut Syamsul Maarif, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP), akan banyak sekali penyebab yang disebabkan oleh gempa tersebut, dan jika diiringi bencana Tsunami.

“Dari pengalaman yang ada sebelumnya, penyebab jatuhnya banyak korban disebabkan oleh masyarakat lebih mementingkan harta dibanding nyawa. Padahal mestinya, selamatkanlah jiwa dulu jikalau terjadi bencana” ujarnya saat Gladi Posko Nasional dan Gelar personel serta peralaran sipil militer dalam rangka Mentawai Megathrust di Landasan Udara (Lanud) Tabing, Rabu (4/12) kemarin.

Ditambahkannya, sebelumnya para pakar memperkirakan Sumatera Barat akan dibayang-bayangi oleh Mentawai Megathrust yang diprediksi berkuakatan 8,5 Skala Richter hingga 8,9 Skala Richter. Guna mengantisipasi itulah, BNPB melalui BPBD Sumbar dan Kota Padang terus melakukan pembenahan apabila peristiwa itu terjadi,

Baca Juga

“Kita tidak tahu kapan akan datangnya, karena semua itu hanya tuhan yang tahu, guna mengantisipasi hal tersebut kita lakukan pembenahan terus menerus agar tidak banyak nantinya memakan korban jiwa jika terjadi”tuturnya.

Lanjutnya, pemerintah pusat melalui BNPB telah merancang Tsunami Master Plan, ini merupakan bentuk dalam mengantisipasi peristiwa tersebut. Adapun alokasi dana yang akan dikeluarkan sedikitnya Rp. 19 Triliun, dan berlaku hingga tahun 2019.

“Dana ini ideal untuk membangun shelter dan tempat pengungsian, dari Aceh, Bali, Jawa, Lombok, Flores hingga Papua. Dana ini juga untuk pendidikan serta penelitian bagi kedalam Tsunami itu sendiri, karena Sumatera Barat saja berbeda-beda dan Sumbar kita alokasikan sebesar Rp. 1 Triliun pada tahun ini” pungkasnya.

Adanya Gladi Posko Nasional ini diharapkan, bukti pemerintah serta elemen masyarakat dapat berperan penting dalam mengatasi resiko bencana. Latihan ini juga digelar bersama Institusi Militer, sebagai upaya mengakolaborasikan hubungan antar kedua pihak tersebut.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT