Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Menkominfo: Lewat Humas Pemerintah Perlu Bangun Komunikasi

 

Menkominfo, Tifatul Sembiring. Foto Istimewa
Menkominfo, Tifatul Sembiring. Foto Istimewa

Bermasalah dalam komunikasi, berimplikasi timbulnya kesalahpahaman. Apalagi berkata kasar dan mencaci maki, baik langsung secara lisan maupun melalui sosial media. 

“Untuk itu, perlu dikembangkan budaya berkomunikasi yang santun. Pada pemerintah, perlu menguatkan peran kehumasan supaya komunikasi dengan masyarakat dapat terbangun dengan baik,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring kepada wartawan usai membuka kegiatan Forum Bakohumas Regional Indonesia Bagian Barat di Swiss-Belhotel International Batam, Rabu (25/6).

Tifatul menyebutkan, timbulnya kesalahpahaman akibat komunikasi yang bermasalah itu sudah banyak contoh yang dapat dijadikan pelajaran. Seperti, pemblokiran jalan oleh sekelompok warga, protes yang berlebihan, dan terhambatnya pembebasan lahan untuk pembangunan.

“Disinilah perlunya menguatkan peran humas dalam menjalin komunikasi antara pemerintah dan masyarakat. Humas harus dapat menyaring materi yang akan disampaikan kepada masyarakat, membuat pers rilis, serta menggelar jumpa pers,” ujarnya.

Di samping itu, Menkominfo menambahkan, pemanfaatan sosial media oleh humas juga dinilai efektif, namun perlu pilihan bahasa yang santun, lugas, tidak ambigu serta menyentuh kebutuhan masyarakat.

Lebih lanjut dikatakan, terkait membangun komunikasi yang baik ini bukan saja terletak pada humas. Kepala daerah dan pejabat di jajarannya juga harus mampu berkomunikasi dengan baik. “Misalnya dalam pemilihan kata, cara menyampaikan, serta memperhatikan kalangan audiens,” ulsnya.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Batam ini, hadir seluruh instansi kehumasan pemerintah di Regional Indonesia Bagian Barat.

Kabag Humas dan Protokol Kota Padang Mursalim yang hadir dalam kegiatan ini mengungkapkan, selama ini fungsi humas di Pemko Padang sudah berjalan cukup baik, namun masih perlu pengoptimalan.

“Meskipun peran humas di Pemko Padang sudah berjalan desngan baik, tetapi kita masih merasa perlu pengoptimalan. Lantaran masih banyak masyarakat yang skeptis menilai program – program yang dijalankan,” kata Mursalim.

Ia mengaku banyak mendapat tanggapan skeptis bahkan negatif terkait program – program. Itu menandakan komunikasi dengan masyarakat beelum maksimal.

“Peran kita bukan sekedar menyampaikan tetapi bagaimana terbangunnya komunikasi agar masyarakat ini tercerahkan, memahami, serta mendukung setiap program,”tutupya.

(Humas dan Protokol Pemko Padang)

Komentar
BERITA TERKAIT