Menhut Apresiasi Gubernur dan Wakil Rakyat Peduli Hutan

 Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menyalami kelompok tani yang menang penghijauan hutan

Agam – Saat memberikan sambutan pada puncak Hari Menanam Pohon Indonesia tingkat Provinsi Sumbar di Puncak Lawang Agam, Menhut RI Zulkifli Hasan mengakui Anggota DPR RI Taslim dan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno termasuk gigih dalam memperjuangkan daerahnya.

“Kalau Pak Irwan memperjuangkan Sumbar dari daerah, Taslim yang merupakan wakil rakyat dari daerah pemilihan Sumbar ini justru gigih memperjuangkan hak-hak Sumbar di Jakarta,” ujar Zulkifli Hasan, Rabu (4/12) di kawasan yang berkabut dan view Danau Maninjau indah dilihat dari puncak itu.

Menurut Zulkifli, Taslim termasuk yang keras mendesaknya untuk memberikan izin hutan masyarakat, sehingga Menhut menyerahkan izin 14 ribu hektar hutan masyarakat kepada kepala daerah kabupaten di Sumbar.

Selain itu Zulkifli juga menantang Bupati Kabupaten Agam, Indra Catri untuk tahun 2014 harus mampu merebut kabupaten terbaik dan menanam pohon maupun melestarikan hutannya. “Saya titip pada Dirjen saya di Kemenhub, kalau Agam ini sangat pantas dan layak untuk mendapatkan prediket kabupaten terbaik, saya tantang Pak Indra Catri untuk meraihnya tahun 2014 mendatang,” ujar Zulkifli, yang juga kader PAN ini.

Sementara Taslim, anggota DPR RI ini mengatakan, hutan di Sumbar itu sangat luas dan punya potensi yang mampu mengkatrol pertumbuhan ekonomi rakyat. “Hutan adalah sumber penghidupan masyarakat, menjaga dan melestarikann sekarang tidak lagi tugas pemerintah semata tapi seluruh masyarakat juga harus berperan aktif,” ujar Taslim.

Taslim mengapresiasikan Menhut RI Zulkifli Hasan sukses dalam menjalankan tugas dan fungsinya di Kabinet Indonesia Bersatu. “Selama Pak Zulkifli memimpin Kemenhut, kerusakan hutan turun drastis, dan hebatnya lagi penanaman pohon juga luar biasa. Tahun ini sudah 1,8 miliar pohon di tanam, malah pada 2014 Kementerian Kehutanan menargetkan penanaman pohon tembus 2,5 miliar,” kata Taslim.

Sedangkan Irwan pada sambutannya mengatakan apa yang diprogram Menhut RI sekarang adalah ladang amal baginya. “Pohon ditanam dan menjaga hutan tetap lestari adalah amal saleh yang didapat oleh Pak Menteri,” kata Irwan Prayitno.

Afiliasi KlikSumbar

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT