Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Mengidap Hipertensi ? Pria Lebih Berpotensi

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang Panjang, Sumatra Barat (Sumbar), Nuryanuwar Apt.,MM.,M.Kes mengatakan laki-laki lebih tinggi resiko mengidap penyakit hipertensi dari pada perempuan.

“Laki-laki lebih banyak melakukan kebiasaan hidup yang bisa menimbulkan hipertensi seprti merokok, pemarah, mengkonsumsi minuman alkohol dan lainnya,” katanya di Padang Panjang, Selasa (19/8).

Sehingga dengan kondisi demikian, katanya, laki-laki sedikit lebih banyak berpotensi mengidap penyakit hipertensi dari pada kaum perempuan. “Dari perbandingan data statistik DKK padang Panjang ada sekitar 51 persen laki-laki dan 49 perempuan berpotensi mengidap penyakit hipertensi,” katanya.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi telah menjadi penyakit yang umum bagi banyak orang saat ini, apalagi bagi mereka yang tinggal di kawasan perkotaan. Tekanan darah tinggi atau hipertensi, lanjutnya, merupakan salah satu faktor penyebab stroke, serangan jantung, dan juga gagal ginjal. Akibat terburuk dari penyakit ini adalah kematian.

Ia mengatakan, usia merupakan salah satu faktor risiko hipertensi. Lebih banyak dijumpai bahwa penderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi pada usia senja. Tekanan darah adalah menunjukkan keadaan di mana tekanan yang dikenakan oleh darah pada pembuluh arteri ketika darah dipompa oleh jantung ke seluruh anggota tubuh.

Untuk mengatasinya, lanjut Nuryanuwar, kurangi konsumsi garam dalam makanan. Konsumsi makanan yang mengandung kalium, magnesium dan kalsium. Kurangi minum minuman atau makanan beralkohol, serta ubah pola makan tidak sehat ke yang sehat dan perbanyak makan buahan dan sayuran.

“Serta olahraga secara teratur, karena bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Tapi jika sakit berlanjut hubungi dokter,” katanya.

(Republika.co.id)

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT