Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Masuk Masa Tenang, Panwaslu Padang Tertibkan Atribut Kampanye

Foto / Aidil Ichlas
Foto / Aidil Ichlas

POLITIK – Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Padang dibantu dengan Panwascam, Satpol PP, Dishubkominfo, Kesbangpol, Dinas Kebersihan beserta Kepolisian Resort Kota Padang menertibkan atribut kampanye di 11 kecamatan di Kota Padang, Minggu (27/10) tadi siang. Hal ini dilakukan karena telah berakhirnya masa kampanye serta masuknya masa tenang 27-29 Oktober 2013, jelang pilkada 30 Oktober 2013.

Sebelumnya, Nurlina Ketua Panwaslu Kota Padang telah mengingatkan seluruh pasangan calon agar sadar diri dalam menurunkan alat peraga kampanyenya, namun karena masih banyak alat peraga tersebut, maka Panwaslu sendiri yang menurunkannya secara paksa.

“Kita sudah ingatkan, ya kalau tidak digubris kita turunkan secara paksa saja, karena itu merupakan peraturan yang harus ditaati oleh masing-masing calon”ujarnya saat melakukan penertiban alat peraga kampanye, tadi siang.

Penertiban dimulai dari jalan Tan Malaka hingga Kantor Pos Kota Padang, Panwaslu juga menurunkan baliho berukuran besar yang berada di jalanan protokol seperti baliho pasangan Emma Yohana-Wahyu Iramana Putra yang terdapat di simpang lampu merah Kantor Pos Padang.

“Kita akan tertibkan semuanya, baik itu baliho, poster, stiker yang berada di kendaraan bermotor maupun yang lainnya, yang termasuk dalam unsur kampanye”tegasnya.

Alat peraga yang ditertibkan akan ditempatkan di Panwascam serta Panwaslu Kota Padang, masing-masing pasangan calon diperbolehkan mengambil kembali alat peraganya tetapi harus membuat surat perjanjian untuk tidak memasangnya hingga Pemilukada selesai dilaksanakan.

“Pasangan calon yang alat peraganya ditertibkan boleh mengambil kembali, tapi dengan syarat harus buat surat perjanjian dan berjanji tidak akan memasang lagi hingga pemilukada usai dilaksanakan”katanya.

Terakhir, Nurlina juga menegaskan agar seluruh pasangan calon mentaati aturan yang telah ada, karena pihak Panwaslu sendiri akan terus memantau gerak-gerik pasangan calon hingga Pilkada berlangsung nantinya.

“Saya harap semuanya dapat patuh, semua  tim PPS setiap kecamatan dan kelurahan yang akan memantau terus apabila terjadi kecurangan saat masa tenang ini”tutupnya.

 

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT