Manfaat Susu Kedelai Bagi Tubuh

Susu kedelai. Foto : Istimewa

Susu kedelai. Foto : Istimewa

Susu adalah salah satu minuman sehat yang dikonsumsi secara luas di dunia. Susu yang lazim dikonsumsi ialah susu sapi dan susu kambing.
Namun, susu keledai kini telah menarik perhatian banyak orang. Baru-baru ini para peneliti menyebut bahwa susu keledai dapat membuat orang yang mengonsumsinya terlihat lebih awet muda. Wajar saja bila kini kepopuleran dari susu keledai mulai menanjak, mengalahkan susu sapi dan susu lainnya.

Dilansir dari Times of India, susu keledai pertama kali dikonsumsi jaman dahulu sebagai obat untuk berbagai penyakit. Seorang dokter era Yunani kuno, Hipprocrates, pernah mengatakan susu keledai mampu mengobati beberapa penyakit seperti penyakit hati, pendarahan di hidung, demam, keracunan hingga penyakit yang disebabkan dari virus yang menular.

Bangsa Romawi bahkan percaya bahwa kecantikan Cleopatra dikarenakan kebiasannya mandi menggunakan susu yang diperah dari 700 keledai.

Hal ini dibuktikan oleh studi yang belum lama ini dilakukan. Menurut studi tersebut, susu keledai memiliki sifat anti-penuaan. Studi juga menunjukkan bahwa susu keledai mampu menghilangkan keriput dan membuat kulit kenyal juga awet muda.

Susu keledai mengandung kadar laktosa yang tinggi, rendah lemak dan mengandung gizi, vitamin dan protein anti-bakteri yang mampu melawan penyakit serta mengatur sistem kekebalan tubuh. Tak berhenti di situ, susu keledai juga ternyata merupakan jenis susu yang dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti psoriasis dan eksim, serta penyakit lainnya seperti asma dan bronkitis.(Viva.co.id)

Komentar

Kesehatan Susu Kedelai