Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Malam Ini, Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Takbiran

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah yang mengikuti Suluak. Foto : Ikhwan
Jemaah Tarekat Naqsabandiyah yang mengikuti Suluak. Foto : Ikhwan

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah melaksanakan malam takbirannya, Sabtu (26/7) malam. Jemah ini sendiri akan lebih dahulu satu hari melaksanakan hari raya Idul Fitri, 1 Syawal pada Minggu (27/7) besok.

Ustad Syawir atau akrab disapa Buya mengatakan, jemaah Naqsabandiyah membenarkan bahwa akan menggelar hari raya Idul Fitri besok. “Iya, betul, malam ini jemaah sudah bertakbiran dan besok, insyallah kita hari raya Idul Fitri,” katanya di Mesjid Baitul Makmur, Pauh, Kota Padang.

Ia menerangkan, Naqsabandiyah lebih cepat melaksanakan hari raya Idul Fitri karena telah masuk puasa yang ke-30 hari. “Kita awal puasa lebih cepat dari pada pemerintah. Untuk itu, kita Idul Fitrinya besok,” terangnya.

Disebut Buya, jemaah Tarekat Naqsabandiyah juga mematok awal puasa dan hari raya Idul Fitri berdasarkan penghitungan hisab. “Iya, kami tetap memakai Hisab, itu hitungannya,” jelasnya.

Selain itu, sekitar 3.000 jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat juga akan menggelar hari raya Idul Fitri besok. “Jumlahnya ribuan, kalau untuk di Sumatera Barat ada sekitar 3.000an yang akan melaksanakan hari raya Idul Fitri besok,” katanya.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT