Mahyeldi: Padang Siap Menjadi Kota Metropolitan

Tampak Atas Salah Satu Sisi Kota Padang Foto: antarasumbar.com

Tampak Atas Salah Satu Sisi Kota Padang Foto: antarasumbar.com

Kota Padang tengah berbenah me­nuju Kota Metropolitan. Ber­bagai persiapan pun terus di­gen­jot ibu kota Provinsi Su­matera Barat (Pemprov Sum­bar) untuk menjadi kota me­tropolis.

Walikota Padang, Mah­yeldi Ansharullah saat ditemui Haluan usai Rapat Koordinasi (Rakor) gubernur dengan ka­bupaten/kota se-Sumbar me­ngatakan, Kota Padang siap unt­uk menjadi kota me­tro­politan. Saat ini, Kota Padang tengah melakukan persiapan internal maupun eksternal.

“Untuk berdiri sebagai kota metropolitan, kita tidak bisa berdiri sendiri. Untuk itu, kita terus berkoordinasi dengan kabupaten/kota tetangga un­tuk mendukung kita menjadi kota metropolitan,” ujar Mahyeldi.

Menurutnya, ketika Kota Padang nantinya diwujudkan menjadi kota metropolitan akan membawa banyak keun­tungan bagi Kota Padang. “Pastinya akan banyak keun­tungan baik dari segi ekonomi, sosial dan sendi kehidupan lainnya ketika menjadi kota metropolitan,” papar walikota.

Dalam pengertiannya wila­yah metropolitan, me­rupakan sebuah pusat po­pulasi besar yang terdiri atas satu metro­polis besar dan daerah seki­tarnya, atau be­berapa kota sentral yang sa­ling bertetangga dan daerah sekitarnya. Satu kota besar atau lebih dapat berperan sebagai hubungan dan wi­layah metropolitan bia­sanya diberi nama sesuai de­ngan kota sentral terbesar atau terpenting di dalamnya.

Wacana menjadikan Kota Padang menjadi kota me­tro­politan dimunculkan Gu­ber­nur Sumbar, Irwan Pra­yitno dalam Rencana Pembangunan Jang­ka Mene­ngah Nasional (RPJMN) 2015-2019. “Ber­dasarkan penilaian dan persya­ratan Kota Pa­dang dan Ka­bupaten Paria­man layak kita ajukan sebagai kota metro­politan baru,” papar gubernur.

Gubernur Sumbar me­min­ta Pe­merintah Kota Padang dan Pa­dang Pariaman untuk menyiapkan fasilitas, infra­struktur, sistem dan prog­ram penunjang agar hal ini bisa diwujudkan.

Kepala Badan Peren­ca­naan dan Pembanguanan Dae­rah (Bappeda) Sumbar, Afri­laudin juga mendukung pe­netapan Kota Padang dan Pa­dang Pariaman menjadi metropolitan baru. Menu­rutnya, perlu ada penye­suaian dengan RT RW Kota yang ber­sang­kutan dan perlu persiapan pengembangan menyeluruh untuk mewujudkannya.

“Pemerintah Kota Padang dan Padang Pariaman harus menyu­sun langkah-langkah yang akan dilakukan secara jelas, seperti penataan wilayah dan pemba­ngunan infra­struk­tur,” tukasnya. (harianhaluan.com)

Komentar

Kota Metropolitan kota padang Walikota Padang