Mahasiswa Amerika Tak Pernah Bolos Saat Agus Salim Berikan Kuliah

Haji Agus Salim. ©buku seratus tahun haji agus salim/sinar harapan
Haji Agus Salim. ©buku seratus tahun haji agus salim/sinar harapan

Kepandaian dan penguasaan Haji Agus Salim terhadap Islam diakui tidak hanya di Tanah Air tetapi juga di seluruh dunia. Bahkan, Haji Agus Salim selalu memukau siapapun yang mendengar kuliahnya tentang Islam.

Sebuah kesaksian yang menunjukkan sistem mengajar Haji Agus Salim sangat disukai mahasiswanya disampaikan pengikut Haji Agus Salim, H Zainal.

Menurut H Zainal, pada 1953 Haji Agus Salim pernah memberi kuliah selama enam bulan di Cornell University, Ithaca, Amerika Serikat. Saat itu, ditetapkan kuliahnya berlangsung tiap hari Sabtu, pukul 11.00 waktu setempat.

Haji Agus Salim terkesan melihat mahasiswa yang hadir cukup banyak, hampir tidak ada yang absen. Bagi Haji Agus Salim, hal ini terasa luar biasa dan agak mencengangkan, sampai ia menanyakan kepada salah seorang guru besar. Kepada guru besar itu Haji Agus Salim mengatakan betapa rajinnya mahasiswa di universitasnya.

Dalam tiga kali ia memberi kuliah tak seorangpun yang absen padahal Sabtu siang biasanya orang-orang muda lain sudah siap-siap merencanakan acara malam Minggu.

Guru besar itu tersenyum dan mengatakan bahwa sebenarnya mereka tak istimewa rajin. “Justru karena kuliah diberikan oleh Tuan Haji Agus Salim, maka mereka tertarik untuk datang,” demikian dikatakan guru besar itu.

Kemudian ternyata, bahwa para mahasiswa Cornell University sangat menyenangi sistem Haji Agus Salim dalam memberikan kuliah. Pendalaman tentang cita-cita Islam dan kebudayaan Islam dapat mereka ikuti sambil berdiskusi secara hidup dengan ulama ini, yang terlebih menarik lagi ialah ia memberikan kupasan-kupasan berdasar gagasan ilmiah yang logis.

“Dengan demikian soal-soal agama menjadi amat menarik dan tak membosankan,” kesaksikan H Zainal dikutip dari buku Seratus Tahun Haji Agus Salim.

(Merdeka.com)

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT