Libur Akhir Tahun, 50 Ribuan Wisatawan Kunjungi Pantai Padang

Pantai Padang dipadati wisatawan
Pantai Padang dipadati wisatawan. Foto : Istimewa

Selama libur panjang akhir tahun, sekitar 50 ribu orang mengunjungi objek wisata Pantai Padang. Setidaknya, ribuan orang datang setiap harinya untuk menikmati keindahan dari ikon Kota Padang tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Padang, Medi Iswandi menyebutkan, jika peningkatan keramaian dimulai satu hari sebelum natal, Kamis (24/12) lalu.

“Tercatat, kurang lebih sekitar 50 ribu wisatawan datang ke Pantai Padang. Hal itu terjadi sepanjang liburan panjang akhir tahun kemarin,” katanya di Padang, Rabu (4/1).

Ia menjelaskan, puncak kepadatan pengunjung terjadi pada malam pergantian tahun baru. “Untuk malam pergantian tahun, jumlahnya mencapai 10 ribu pengunjung. Jumlah ini meningkat signifikan dari tahun sebelumnya,” jelasnya.

Pengunjung sendiri berasal tidak hanya dari Kota Padang, melainkan sejumlah daerah seperti Riau, Sumatera Utara dan Jambi. “Pengunjung didominasi dari luar Sumatera Barat, paling banyak dari Riau dan Jambi,” tuturnya.

Selain itu, selama periode libur kemarin, pihaknya sendiri menyiapkan petugas dari relawan untuk membersihkan sampah, Padang BayWatch dan Satpol PP.

“Ada 60 Padang Baywatch, 150 orang Satpol PP, 30 orang dari BPBD dan ditambah dengan satu perahu karet yang disiagakan,” katanya.

Sementara itu, Ketua PHRI Sumatera Barat, Maulana Yusran mengakui jika libur akhir tahun kali ini, meningkat sangat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Jumlahnya sangat meningkat, dibanding tahun-tahun sebelumnya. Diperkirakan, mencapai 20-30 persen peningkatannya dari tahun sebelumnya,” ujarnya.

Menurut Maulana, peningkatan ini terjadi karena adanya peningkatan kualitas pariwisata di Sumatera Barat, terutama objek wisata Pantai Padang. “Kita apresiasi atas peningkatan kualitas pariwisata, terutama dalam segi insfrastukturnya,” singkatnya.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT