Laporkan Dana Kampanye, Partai Politik di Sumbar “On Time”

ILUSTRASI PEMILUDua belas partai politik peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 Sumatera Barat (Sumbar) telah melaporkan keseluruhan laporan dana kampanye kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumbar.

Adapun, batas akhir pelaporan tahap pertama yakni hari Minggu (29/12) kemarin. Dari dua belas partai itu, semuanya telah diterima oleh KPUD Sumbar sebelum jatuh tempo.

Komisioner KPUD Sumbar, Nurhaida Yetti menuturkan, semua partai politik telah melaporkan dana kampanye termasuk calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Namun, terdapat satu orang yang terlambat dalam penyerahan laporan pada tahap pertama ini.

“Semua partai politik sudah melaporkan dana kampanye. Begitu juga 25 calon anggota DPD, hanya seorang terlambat,” katanya di Kantor KPUD, Khatib Sulaiman, Kota Padang, Senin (30/12) pagi.

Partai Hanura menduduki penggunaan dana kampanye tertinggi pada tahun ini, yakni sebesar Rp. 2,3 Milyar. Lalu diurutan kedua Partai Demokrat sebesar Rp. 2,2 Milyar dan urutan ketiga adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebesar Rp. 1,6 Milyar.

Partai lain yang juga melaporkan dana kampanye-nya diantara lain, PKB Rp. 965 juta, PKS Rp. 651 juta, PBB Rp. 1,3 Milyar, PKP Indonesia Rp. 348 juta, Partai Nasdem Rp. 1,3 Milyar, PAN Rp. 1,3 Milyar, Partai Golkar Rp. 1,6 Milyar, Gerindra Rp. 1,6 Milyar dan PDIP sebesar Rp. 1 Milyar.

Laporan dana kampanye tahap pertama ini juga termasuk pada dana kampanye dari Calon Legislatif (Caleg) Provinsi, dari semua Daerah Pilihan (Dapil) di Sumatera Barat.

“Pelaporan dana kampanye ini, termasuk dalam dana kampanye para Caleg Provinsi yang tersebar pada semua Dapil di Sumbar,” ujar Gusfen Khairul, Wakil Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumbar saat dihubungi, Senin (30/12) siang.

Sementara, untuk jumlah keseluruhan serta rincian dana kampanye calon anggota DPD Sumbar, hingga saat ini masih dilakukan rekapitulasi oleh KPUD Sumbar. Diperkirakan akan dipublikasikan beberapa hari kedepan. (Ai/Ks/ed*wn)

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT