Kurir Bukan Semahal Yang Dibayangkan

Ilustrasi Investasi (www.bareksa.com)

Ilustrasi Investasi (www.bareksa.com)

Indonesia tercatat sebagai biaya logistik termurah dibandingkan Malaysia dan Thailand. Hal ini mematahkan pernyataan yang beredar, jika biaya logistik di Indonesia terbilang mahal.

“Logistik cost di Indonesian tidak semuanya mahal. Dengan kurir domestik masih murah Rp8 ribu. Kalau dibandingkan Malaysia sudah Rp15 rtibu dan Thailand Rp17 ribu,” ujar Deputi GM 2 JNE Express, Trian Yuserma di JIEXPO Hall D, Jakarta, Jumat (21/10/2016) dikutip dari Okezone.

Sebelumnya, Asisten Deputi Sistem Logistik dan Fasilitas Perdagangan Erwin Raza mengatakan, daya kompetitif indeks logistik Indonesia mengalami penurunan peringkat. Dari indeks ke-53 di 2014, saat ini indeksnya sudah berada ke-63.

Penurunan ini menandakan biaya logistik pada dalam negeri pun semakin mahal. Berdasarkan indeks tersebut disebutkan bahwa biaya logistik Nasional sebesar 24% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

“Biaya logistik ini cukup tinggi dan memang paling tinggi dibandingkan negara ASEAN seperti Thailand 16% dan Malaysia 15%. Tentu ini yang masih menjadi tantangan bagi kita, di mana biaya logistik ini sangat berpengaruh terhadap biaya produksi,” ujarnya.

[okezone]

Komentar

Biaya Kurir Kurir Indonesia