Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

KUD Tiku Lima Jorong Bangun Akses Jalan

Pembukaan Jalan Baru (Ilustrasi)
Pembukaan Jalan Baru (Ilustrasi)

Memudahkan akses bagi masyarakat untuk memasarkan hasil panen ke pasar. Koperasi Unit Desa Tiku Lima Jorong, Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat mendanai pembukaan jalan baru.

KUD Tiku Lima Jorong menggelontorkan dana sebesar Rp245 juta untuk pembukaan jalan baru sepanjang tujuh kilometer. Peruntukannya tidak hanya sebagai akses untuk membawa hasil panen kelapa sawit. Tetapi, sebagai akses transportasi masyarakat Gadiah Agiak dan Labuhan, Kecamatan Tanjungmutiara menuju Bawan, Kecamatan Ampeknagari.

Pasalnya, jalan yang telah ada menghubungkan antar kecamatan itu cukup jauh jaraknya, yakni 40 Km. Terkait pengerasan jalan, kata pembina KUD Tiku Lima Jorong, Abdul Muis, nantinya akan dilaksanakan oleh Pemkab.

Walau baru memulai, KUD Tiku Lima Jorong juga berencana akan menambahnya dengan jarak tempuh sejauh tiga kilometer.

Pemkab setempat mengapresiasi atas usaha dan realisasi untuk membangun nagari. Terkait usulan tambahan, diminta untuk mengajukannya pada Musrembang Nagari, Musrembang Kecamatan dan Musrembang Kabupaten.

“Jika telah diusulkan, besar kemungkinan akan jadi perhatian dan prioritas dan masuk dalam Renja Pemkab,” kata Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Kabupaten Agam, Sumatera Barat , Isman Imran.

Projectnya telah dimulai Juli lalu. Berharap, pemerintah dapat memperhatikan kesejahteraan rakyat, sehingga dengan adanya pengerasan jalan tersebut. Transportasi seperti truk dapat melalui akses jalan tersebut.

Komentar
BERITA TERKAIT