Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Kuburan Batu Ditemukan Warga Gunung Batu ?

ilustrasi
ilustrasi. Foto : Inilah.com

Gunung Kidul – Seorang warga di Dusun Ngasem Lor, Desa Plembutan, Playen, Gunung Kidul,Yogyakarta bernama Kuwat (70) menemukan peninggalan bersejerah berupa kubur batu atau Sarkofagus yang berisi tulang manusia dan senjata.

Kabag Pemerintahan Desa Plembutan, Surono menyebutkan, penemuan kubur batu itu terjadi pada Sabtu (4/10) lalu. “Kuwat menemukannya saat melakukan penggalian tanah di ladang milik Magiyanto untuk persiapan masa tanam,” katanya di Gunung Kidul, Senin (6/10).

Surono mengatakan desanya memang banyak ditemukan benda purbakala, seperti candi dan menhir. “Lokasi penemuan hanya berjarak 500 meter dari situs Candi Plembutan,” jelasny.

Ia mengatakan setelah menemukan benda tersebut, Dengul, melaporkan ke pihak Pemerintah Desa Plembutan. “Kami langsung menghubungi pihak kepolisian,” katanya.

Rencananya, dalam waktu dekat pihaknya akan berkoordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta terkait dengan temuan tersebut.

“Kami akan segera koordinasi dengan BPCB Yogyakarta untuk memastikan apakah benda temuan itu termasuk benda purbakala atau bukan,” katanya.

(Sumber : Inilah.com dan ANTARA)

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT