KPU Sumbar Tetapkan 16 Parpol Lolos Verifikasi Pemilu 2019

Gedung KPU.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menetapkan 16 Partai Politik (Parpol) yang lolos dalam mengikuti Pemilu tahun 2019.

Penetapan ini dilakukan oleh KPU Sumbar setelah melakukan sejumlah verifikasi, baik secara administrasi dan faktual.

Adapun ke-16 Parpol yang lolos itu diantaranya, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Berkarya, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Gerakan Perubahan Indonesia, Partai Golkar, Partai Hanura, Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasdem, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Persatuan Indonesia (PPI).

Penetapan sendiri dipimpin langsung Ketua KPU Sumbar, Amnasmen di Inna Muara Hotel, Kota Padang, Minggu (11/2/2018). Dalam penetapan itu juga hadir Bawaslu Sumbar, KPU Kabupaten dan Kota, serta Parpol yang dinyatakan lolos.

Amnasmen menyebutkan, ada empat poin penting dalam verifikasi Parpol yang digelar oleh KPU Sumbar.

“Empat poin itu, kepengurusan, status ketua, sekretaris dan bendahara dan adanya 30 persen keterwakilan perempuan. Kemudian, keberadaan kantor dan yang paling penting lagi, dukungan anggota yang diverifikasi oleh KPU,” kata Amnasmen.

Dijelaskan Amnasmen, ke-16 Parpol itu dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) untuk mengikuti Pemilu tahun 2019, mendatang. “Selanjutnya, hasil verifikasi ini akan diteruskan kepada KPU RI, hingga nantinya adanya penetapan secara nasional,” jelasnya.

KPU RI sendiri dijadwalkan akan menetapkan para Parpol peserta Pemilu 2019 pada 17 Februari 2018, mendatang.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT