Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

KPU Sumbar Instruksikan Pemusnahan Surat Suara H-1 Pencoblosan

Gedung KPU RI.
Gedung KPU RI.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) menginstruksikan agar pemusnahan surat suara Pemilu Presiden (Pilpres) dilakukan H-1 pencoblosan, tepatnya tanggal 8 Juli mendatang.

Koordinator Logistik KPU Sumbar, Fikon menyebutkan, pemusnahan surat suara yang rusak akan dilakukan paling lambat 8 Juli mendatang.

“Kita telah himbau kepada masing-masing KPU Kabupaten dan Kota untuk memusnahkan surat suara yang rusak atau tidak layak pakai pada 8 Juli, tepat satu hari sebelum pencoblosan,” katanya di Gedung KPU Sumbar, Kota Padang, Selasa (1/7).

Ia menambahkan surat suara yang rusak di Sumatera Barat berjumlah sekitar 6.000 lembar.

“Ada sekitar 6.000 surat suara yang rusak di Sumbar. Tetapi kita telah menutupinya dengan surat yang berlebih seperti yang terjadi di KPU Kota Padang dan Pariaman,” jelasnya.

Lanjutnya, kerusakan surat suara sendiri terhitung terlalu banyak hanya berkisar antara 7 hingga 100 surat suara masing-masing KPU Kabupaten/Kota. “Tidak banyak yang rusak, ya antara 7 hingga 100 surat suara. Kita tanggulangi dengan surat suara yang berlebih,” tuturnya.

Pihak KPU Sumatera Barat juga telah menginstruksikan agar saat berlangsungnya pemusnahan surat suara dihadiri oleh KPU, Panwaslu dan Kepolisian. “Cara ini agar tidak ada kecurigaan oleh masyarakat, jadi semuanya transparan kita lakukan,” tutupnya.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT