Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

KPU Sumbar Himbau Masyarakat Ikut Kawal Rekapitulasi Suara

Ilustrasi kotak suara bahan Aluminium. Foto : TribunNews
Ilustrasi kotak suara bahan Aluminium. Foto : TribunNews

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat mengaku terus memperketat pengamanan saat tahapan rekapitulasi suara Pemilu Presiden (Pilpres) yang tengah berlangsung saat ini.

“Pastinya, walaupun masing-masing Capres dan Cawapres saling klaim menang, kita tidak akan terpengaruh. Saat ini, kita himbau KPU Kabupaten/Kota untuk memperketat dan terus melakukan penjagaan terhadap tahapan rekapitulasi suara,” kata Koordinator Logistik KPU Padang, Fikon di Padang, Sabtu (12/7).

Ia juga mengharapkan partisipasi dari masyarakat untuk turut serta mengawal proses tahapan tersebut. “Kita juga harap masyarakat dapat mengawal juga proses rekapitulasi suara, mulai dari tingkat PPS. Disamping agar tidak ada kecurigaan masyarakat, jadi semuanya transparan,” harapnya.

Ia menyebutkan, hari ini merupakan target terakhir penghitungan tingkat PPS pada masing Kabupaten/Kota. “Sedangkan untuk PPK kita targetkan dari tanggal 13 sampai 15 Juli. Kemudian, tingkat Kabupaten dan Kota dari tanggal 16 hingga 17 Juli mendatang,” jelasnya.

Sementara untuk tingkat Provinsi sendiri, KPU Sumatera Barat menargetkan dapat rampung paling lambat 19 Juli mendatang.

“Kalau untuk tingkat Provinsi kita targetkan dari 18 Juli dan selambatnya 19 Juli sudah selesai. Jadwal ini sesuai dengan instruksi dari KPU Pusat,” katanya.

Selain itu, KPU Sumatera Barat juga mengaku sampai saat ini tidak ada terdapat kendala dalam tahapan rekapitulasi suara. “Hingga hari ini, kita tidak temukan adanya kecurangan maupun permasalahan lainnya. Semoga semuanya berjalan aman dan lancar,” harapnya.

Seperti diketahui, KPU Pusat di Jakarta akan mengumumkan hasil rekapitulasi suara nasional Pilpres 2014 pada tanggal 22 Juli mendatang.

 

Komentar
BERITA TERKAIT