KPU Padang Tetapkan Dua Pasangan Calon Walikota Padang 2018

Alat peraga sosialiasi Pilkada Padang putaran kedua. FOTO/HUDA PUTRA
Ilustrasi. Pilkada. Foto : Istimewa

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang resmi menetapkan Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Padang pada Pilkada Kota Padang, 27 Juni 2018, mendatang.

Dalam penetapan yang dilangsungkan di Gedung KPU Kota Padang itu, ditetapkan dua Paslon untuk mengikuti Pilkada Serentak 2018.

Adapun kedua Paslon itu diantaranya, Mahyeldi Ansarullah dengan Hendri Septa yang didukung PKS dan PAN, kemudian Emzalmi dengan Desri Ayunda yang diusung PDI-Perjuangan, Golkar, PPP, Nasdem, Demokrat, Gerindra dan PKB.

Hasilnya, penetapan ini mengugurkan pencalonan Bakal Paslon dari perseorangan, Syamsur Syam dan Misliza.

Ketua KPU Kota Padang, M Sawati menyebutkan, jika pihaknya telah melakukan proses verifikasi secara administrasi dan faktual dalam menetapkan Paslon untuk mengikuti Pilkada Kota Padang.

Tidak lolosnya Bapaslon dari jalur perseorangan, Syamsuar-Misliza dikarenakan masih adanya kekurangan dukungan KTP. “Pasutri (Syamsuar-Misliza) ini tidak berhasil, karena syarat dukungannya masih kurang 14.530 lagi. Diakui, memang ini menjadi kesulitan bagi yang bersangkutan, karena tentu harus ada penghubung setiap kelurahan untuk mengumpulkan orang,” kata Sawati usai menetapkan Paslon Pilkada Kota Padang.

Selain itu, Calon Wakil Walikota Padang, Hendri Septa menyatakan rasa syukurnya terhadap penetapan yang telah dilakukan KPU Kota Padang. “Selanjutnya, kita akan melakukan kegiatan yang telah diarahkan oleh KPU, kita sudah susun dalam waktu dekat, dan akan terus berkoordinasi dengan KPU,” kata Hendri Septa.

Sedangkan dari koalisi sebelah, Calon Walikota Padang, Emzalmi berpesan agar masyarakat menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Kota Padang, 27 Juni mendatang.

“Tentunya dengan adanya penetapan calon ini, maka tidak ada keraguan kita lagi bahwa pasangan yang akan maju dalam Pilkada Kota Padang hanya dua pasangan calon saja. Kita berharap masyarakat betul-betul menggunakan hak pilihnya,” harap petahana Wakil Walikota Padang tersebut.

Dalam penetapan itu, Paslon koalisi PKS-PAN hanya dihadiri oleh Calon Wakil Walikota, Hendri Septa. Sedangkan dari koalisi 7 partai hadir keduanya, Emzalmi dan Desri Ayunda selaku Calon Wakil Walikota Padang.

Kedepan, agenda KPU Kota Padang akan dilanjutkan dengan penetapan nomor urut, kampanye dan terkait DPT.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT