KPU Padang Luncurkan Aplikasi Informasi Pilkada

AplikasiSipadlih milik KPU Kota Padang
AplikasiSipadlih milik KPU Kota Padang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Pemilihan (SiPadlih). SiPadlih berisi informasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2018.

Ketua KPU Padang, Muhammad Sawati mengharapkan, masyarakat, terutama pemilih pemula, mengunduh aplikasi ini. “Aplikasi ‘SiPadlih’ dapat diunduh melalui telepon pintar, sehingga masyarakat terutama generasi muda lebih mudah mengetahui perkembangan informasi mengenai Pilkada 2018,” kata Ketua KPU Padang, Muhammad Sawati, Rabu (11/10/2017).

Sawati menambahkan, banyak informasi yang terdapat pada aplikasi ‘SiPadlih’ seperti tahapan Pilkada, pemberitaan terkait Pilkada, pencalonan, sosialisasi, data pemilih, serta maskot. Siapapun dapat mengetahui tiap poin tersebut dengan mengkliknya.

“Didalamnya terdapat pilihan-pilihan informasi yang diinginkan pembaca,” jelas Sawati.

Sawati berharap aplikasi ini akan menambah pengetahuan pemilih pemula yang notabene merupakan anak muda. Dikatakannya, KPU Kota Padang sangat membidik partisipasi dari pemilih pemula. Diharapkan KPU, adanya partisipasi dari anak muda Kota Padang.

“Dari target partisipasi pemilih 70 persen, 20 persen diantaranya kami sasar pemilih pemula,” terang Sawati.

Selain itu, agar pemilih pemula meningkatkan partisipasinya pada Pilkada nanti, disebut Sawati, KPU juga menggelar Jambore Demokrasi. Peserta Jambore ini berasal dari siswa SMA se-Kota Padang.

KPU juga menurunkan komisionernya ke sekolah-sekolah sebagai pembina upacara bendera untuk menyosialisasikan pentingnya partisipasi pemilu kepada siswa.

“Pemilih pemula pada Pilkada 2018 Kota Padang adalah mereka yang sudah berusia 17 tahun pada saat pilkada yang berlangsung pada 27 Juni 2018,” pungkas Sawati.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT