Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

KPU Nilai Pilkada Serentak Sudah Bisa Tekan Anggaran

Gedung KPU RI. Foto : KlikNews.co
Gedung KPU RI. Foto : KlikNews.co

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) menilai Pilkada serentak sudah dapat menimalisir anggaran penyelenggaran Pemilu. Hal ini dilihat dari pengeluaran penyelenggaraan yang terdapat banyak efisiensi anggaran.

Ketua KPU Sumbar, Amnasmen mencontohkan terkait dapat ditekannya anggaran penyelenggaran, jika diselenggarakan secara serentak.

“Saya kira Pilkada serentak sudah dapat menimalisir anggaran. Contohnya saja, jika biasanya kita harus bayar honor PPS dan PPK sebanyak 14 kali karena jadwalnya berbeda-beda, tetapi dengan Pilkada serentak jadi satu kali,” katanya di Gedung KPU Sumbar, Kota Padang, Kamis (9/10).

Ia menjelaskan, untuk Sumatera Barat awalnya sudah direncanakan Pilkada serentak akan digelar pada 13 Kabupaten/Kota, ditambah satu Pemilu Gubernur (Pilgub). “Kita sudah persiapkan ini mulai dari bulan September lalu. Namun, kita hentikan sementara sesuai instruksi dari KPU Pusat,” jelasnya.

Selain itu, Amnasmen menyebut, tahapan Pilkada itu harus dimulai paling lambat dua bulan sebelum digelar. “Jadi tahapan logistiknya itu atau persiapan intinya paling lambat dua bulan sebelum Pilkada digelar. Sedangkan yang lainnya seperti pemutakhiran DPT dimulai enam bulan sebelum digelar,” tuturnya.

Seperti diketahui, KPU Pusat beberapa waktu lalu mengeluarkan instruksi agar pelaksanaan tahapan persiapan Pilkada dihentikan sementara. KPU Sumbar sendiri sampai saat ini masih menunggu instruksi lebih lanjut terkait hal tersebut.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT