Konferta Tetapkan Andri El Faruqi Ketua AJI Padang yang Baru

Konferensi Kota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang dalam menetapkan Ketua dan Sekretaris baru untuk periode 2018 hingga 2021 di Hotel Bunda Padang, Sabtu (21/1/2018). Foto : Istimewa
Konferensi Kota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang dalam menetapkan Ketua dan Sekretaris baru untuk periode 2018 hingga 2021 di Hotel Bunda Padang, Sabtu (21/1/2018). Foto : Istimewa

Konferensi Kota (Konferta) Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang resmi menetapkan kepengurusan baru untuk periode 2018 hingga 2021.

Dalam Konferta itu, terpilih Kontributor Tempi Andri El Faruqi selaku Ketua AJI Padang dan Pemimpin Redaksi Klikpositif.com Andika Destika Khagen selaku Sekretaris.

Keduanya terpilih secara aklamasi dalam gelaran Konferta AJI Padang yang digelar di Hotel Bunda, Kota Padang, Sabtu (20/1/2018) kemarin. Atas terpilihnya, mereka menggantikan kepengurusan sebelumnya, Ketua Yuafriza (Mentawaikita.com) dan Sekretaris Yose Hendra (Media Indonesia).

Ketua AJI Padang terpilih Andri El Faruqi menyebutkan, jurnalis dan media memiliki tantangan besar, terutama di tahun politik ini, khususnya dalam mematuhi kode etik jurnalistik, sebagai rambu-rambu bagi jurnalis dalam bekerja.

“Kami akan merawat kemerdekaan pers, dan meningkatkan kapasitas jurnalis agar lebih profesional dalam menjalankan tugasnya,” kata Andri.

Kemudian, menurut Sekretaris AJI Padang terpilih, Andika Destika Khagen, tantangan kepengurusan AJI Padang sekarang ini cukup berat, mengingat periode kepengurusan sekarang ini bertepatan dengan tahun politik.

Baca Juga

“Di tahun ini banyak masalah soal etik. Kami sebagai pengurus AJI akan mengawal masalah soal etik yang menyangkut jurnalis, karena AJI sangat potensial untuk menjadi garda terdepan mengawal jurnalis untuk bekerja sesuai dengan etik,” terang Andika.

Selain itu, Ketua dan Sekretaris terpilih ini juga berjanji akan terus menjalin komunikasi dengan jurnalis lain, walau sekalipun bukan anggota AJI Padang. Menurut mereka, perjuangan AJI untuk kemerdekaan pers dan upah layak jurnalis, butuh dukungan dari seluruh insan pers di Sumbar.

Dalam Konferta itu, pimpinan sidang yang diketuai Heri Faisal (Bisnis Indonesia) juga menetapkan tiga anggota Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO), yaitu Yuafriza, Yonda Sisco (Covesia.com) dan Donal Chaniago (TV One).

Semenatara itu juga dipilih enam calon anggota Majelis Etik AJI Padang diantaranya, Slamet Rahmadi (aktivis), Hendra Makmur (freelance), Febriyanti (Tempo), Nasrian Bahzein (Padang TV), Rus Akbar (Okezone.com) dan Erinaldi (Liputan 6.com).

Nama – nama itu nanti akan dipilih tiga orang oleh ketua dan sekretaris terpilih.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT