Komunitas Yang Bukan Sekadar Hobi

Keluarga Besar KMFP saat ultah yg pertama
KMFP (Komunitas Mixture Fotografer Padang)

“Karena kami bukan sekadar komunitas tapi kami adalah KELUARGA” , motto ini lah yang menjadi salah satu ciri khas dari komunitas fotografi ini, komunitas yang menyebut diri mereka KMFP (Komunitas Mixture Fotografer Padang) awalnya didirikan oleh tujuh orang yaitu Yori, Randy, Farid, Andika, Jaren, Timo & Rahmadi.

Berawal dari kecintaan terhadap dunia fotografi serta seringnya mereka hunting & sharing foto bareng, tujuh pria ini akhirnya mendirikan KMFP pada tanggal 17 september 2011, di usia komunitas yang telah beranjak lebih dari 2 tahun kini telah memiliki 50 anggota yang terdaftar.

Kendati pun saat sekarang beberapa pendiri komunitas tersebut sudah tidak berdomisili di Kota Padang seperti Yori di Jakarta, Farid di Jogjakarta, Andika di Belitung, Timo di Bali serta beberapa anggota baru lainya, namun tidak mengurangi keakraban dari komunitas ini, karena silaturahmi tetap terjalin di jejaring sosial serta telekomunikasi lainnya.

Mungkin karena keakraban serta kekeluargaan inilah yang membuat KMFP menjadi menarik hingga banyak yang ingin bergabung bersama keluarga kecil ini. “Di sini ng­gak ada yang hebat di antara kami karena kami saling mengisi dan mengingatkan. Jika ada yang kurang memahami dan mengerti maka yang lain siap membantu. Kami juga saling berbagi ilmu atau pengalaman yang kami dapatkan terkadang kami juga sering share mengenai kehidupan pribadi” ujar Benny yang sekarang menjadi Ketua KMFP.

Benny jatuh cinta pada dunia fotografi sejak di bangku seko­lah. “Saya merasa fotografi itu un­tuk kesenangan pribadi, se­tiap momen wajib untuk dia­ba­di­kan. Di samping, juga me­lepas ke­lelahan dan kepenatan ruti­nitas perkuliahan disalurkan melalui hunting foto bareng teman,” ucap Benny.

Ribi, anggota lainnya yang paling suka hunting foto model ini berkata “Bahwa di KMFP ini kami sudah seperti saudara sendiri, kami juga berantem tapi habis itu ketawa bareng lagi disini semua saling terbuka, jika ada permasalahan pasti di bicarakan bersama” tuturnya.

Kegiatan hunting  rutin di­laksanakan paling tidak se­minggu sekali. Namun juga ada hunting akbar yang biasanya di adakan di luar kota. Mereka yang ikut hunting tidak mesti memiliki kamera bagus atau fotografer profe­sio­nal. “Saat hunting, kita sa­ma-sama belajar. Jadi, siapa pun yang hobi di dunia foto sila­kan saja untuk bergabung ber­sa­ma kita di KMFP,” lanjut Ribi.

Untuk mengasah ketajaman skill anggota, komunitas ini kadang mendatangkan mo­del lokal, serta ikut serta dalam beberapa event yang diadakan di kota padang. “Sehabis setiap pemotretan, ma­sing-masing anggota akan me­la­­kukan sharing hasil pe­mot­retannya jadi dari sini kami dapat saling belajar atau bertanya,” ujar Ari.

“Kedepannya, kami berharap KMFP dapat menjadi wadah bagi pecinta fotografi di kota padang yang ingin saling belajar dan berbagi, tanpa harus membeda-bedakan dari mana dan apa peralatannya, kami berharap KMFP tetap selalu kompak, karena kami adalah keluarga” harap Ari.

Komentar
Loading...
Loading...