Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Tercatat ! 1.426 Kasus Curanmor di Tahun 2013

IlustrasiKepolisian Resort (Polresta) Kota Padang hingga November 2013 mencatat sebanyak 1.426 kasus pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) terjadi di Kota Padang. Data ini merupakan yang dimiliki oleh Polresta Padang dari rentan Januari sampai November 2013.

“Ribuan kasus itu merupakan gabungan laporan yang ada di Polresta serta seluruh Kepolisian Sektor (Polsek) yang ada di Kota Padang. Tercatat ada sebanyak 1.426 kasus Curanmor dan baru ditangkap sebanyak 177 tersangka” ujar Kompol Iwan Ariyandhi, Kepala Satuan (Kasat) Reskrim Polresta Padang, Minggu (8/12) kemarin.

Iwan juga tak menampik adanya hasil minim pada tahun 2013 dalam penangkapan pelaku Curanmor, pasalnya masih ada kendala aparat terutama dalam melacak para pelaku yang sering berpindah-pindah.

Sementara, untuk jumlah tersangka dari 1.426 kasus, Iwan menyebutkan paling sedikitnya ada sekitar 2.924 pelaku. “Dalam menjalankan aksinya, seminimnya mereka berkomplotan dua orang. Saya juga menegaskan, Polresta Padang akan terus berupaya dalam menangkap pelaku telah merugikan masyarakat banyak itu” tuturnya.

Berbagai faktor penyebab dari Curanmor, seperti lengahnya para pemilik dengan lupa mencabut kunci, kunci tertinggal pada jok motor dan lainnya. “Juga ada yang memaksakan niat mencurinya dengan menggunakan peralatan seperti kunci leter T” tanggapnya. (Ant/Rb/ed*WN)

Komentar
BERITA TERKAIT