Kemendag Sidak Harga Komoditi di Trans Mart Padang

 Staf Ahli Bidang Hubungan Internasional, Kementerian Perdagangan RI, Dody Edward saat menyidak harga komoditas pangan pokok di Trans Mart, Padang, Selasa (11/4/2018). Foto : Rahma Wendra

Staf Ahli Bidang Hubungan Internasional, Kementerian Perdagangan RI, Dody Edward saat menyidak harga komoditas pangan pokok di Trans Mart, Padang, Selasa (11/4/2018). Foto : Rahma Wendra

Staf Ahli Bidang Hubungan Internasional, Kementerian Perdagangan RI, Dody Edward meminta ritel modern yang ada di Sumatera Barat untuk membuat banner harga komoditi pokok.

Langkah itu dilakukan agar masyarakat mengetahui informasi harga terkait komoditas pangan pokok yang dijual sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan pemerintah.

“Kita minta ritel modern di Sumbar agar pasang banner ataupun baliho di pintu masuk tokonya. Agar masyarakat mengetahui komoditas pangan pokok apa saja yang dijual. Dan tentu harganya sesuai dengan HET,” kata Dody saat meninjau Komoditas Pangan Pokok di Trans Mart, Kota Padang, Selasa (10/4/2018).

Sebutnya, tidak adanya banner yang ditampilkan akan membuat masyarakat menjadi tidak mengetahui harga. Apalagi, itu harga komoditas pangan pokok yang sesuai dengan HET.

“Ini patut menjadi rujukan ritel modern jika ingin komoditas pangan pokok yang dijual diminati masyarakat, serta harga yang terjangkau sesuai HET, sehingga membuktikan tidak adanya ritel moderen yang menaikan-naikan harga,” jelas Dody.

Dody menambahkan dari pantauan yang dilakukan, komoditas pangan pokok yang dijual pada salah satu ritel besar itu, penerapan harganya sudah sesuai dengan HET.

“Harga di ritel yang kita kunjungi ini sudah sesuai HET. Contohnya, minyak goreng. HET-nya Rp11ribu. Kemudian beras premium dan mediumnya sudah sesuai dengan HET di wilayah Sumatra,” katanya.

Selain itu, Dody juga memantau komoditas pangan pokok. Apakah, produk yang dijual tersebut layak edar, seperti, ada label halal dan izin BPOM.

“Semua kita pantau. Agar masyarakat merasa aman saat membeli dan mengkonsumsi,” katanya.

Lebih lanjut, kata Dody menjelang ramadhan dan idul fitri. Kemendag akan melakukan pengawasan agar pasokan dan harga dipasaran stabil.

“Kita akan siapkan petugas dari Kemendag untuk terjun kelapangan memastikan harga dipasaran tetap stabil. Serta, menugaskan Bulog agar pastikan pasokan juga terkendali,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdangangan (Disperindag) Sumbar, Asben Hendri menyatakan akan terus melakukan pemantauan harga dan pasokan agar tetap stabil di Sumbar.

Apalagi, ketika menjelang ramadhan dan idul fitri. Tidak hanya itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan daerah lain yang memasok komoditas pangan pokok ke Sumbar.

“Yang jelas akan kita pantau terus harga dan pasokan komoditas pangan pokok. Baik itu di pasar tradisional maupun ritel modern,” kata Asben.

Rahma Wendra

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT