Kembali Dihelat ! “Festival Lagu Teluk Bayur 2”

Pembukaan Festival Lagu Teluk Bayur 2 Se-Sumatera di Lapangan Parkir, GOR H Agus Salim Padang. FOTO/IKHWAN
Pembukaan Festival Lagu Teluk Bayur 2 Se-Sumatera di Lapangan Parkir, GOR H Agus Salim Padang. FOTO/IKHWAN

Sukses tahun pertama, Himpunan Keluarga Artis dan Seniman Minang (Hikasmi) kembali menggelar Festival Lagu Teluk Bayur 2 tingkat Sumatera terhitung dimulai 15-17 Mei 2014 bertempat di Lapangan Parkir, GOR H. Agus Salim Kota Padang.

Ketua Panitia Firmansyah Ping saat pembukaan mengatakan, kegiatan ini digelar secara rutin dimulai pada tahun 2013 lalu. Menurutnya, kegiatan ini dapat memacu semangat masyarakat dalam mempromosikan lagu Minang yang terkesan hilang karena makin populernya lagu pop Indonesia.

“Kita pacu semangat masyarakat untuk memberikan kontribusi penuh dalam mengedepankan lagu asal tanah ranah minang. Karena, yang sama-sama kita ketahui, lagu Minang ternilai mulai ditinggalkan oleh masyarakat, terutama kaula muda,” katanya saat pembukaan Festival Lagu Teluk Bayur 2 Se-Sumatera di Lap. Parkir GOR H. Agus Salim, Kota Padang, Rabu (14/5) malam.

Festival ini juga disebut Firman merupakan salah satu bentuk dorongan penuh dari Ikasmi dalam mengedepankan budaya Minangkabau. Pengambilan tema Teluk Bayur dinilai menjadi kesan tersendiri, karena adanya ciri khas yang tertanam sebagai ikonnya Sumatera Barat, terkhusus Kota Padang.

“Kita buka peserta untuk umum, mulai dari umur 14 tahun. Banyak talenta anak muda yang harus selalu didepankan, terutama lagu Minang. Melalui Festival inilah, Insyallah, bisa memacu semangat tersebut,” harapnya.

Festival ini sendiri diikuti oleh peserta yang berasal dari seluruh penjuru Pulau Sumatera. Adapun lagu pilihan untuk peserta pria yakni Ayam Den Lapeh, Usai Dipatenggangkan, Sayang Tak Sudah, Kasih Ka Carai, Tarapuang-Apuang dan langkisau.

Sementara,lagu pilihan wanita adalah Ayam Den Lapeh, Surek Dari Rantau, Ubekkan Denai, Guguak Manyambuang, Si Buyuang Kinilah Gadang dan Pantai Padang.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT