Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Kecam Aksi Israel, Gubernur Ajak Warga Sumbar Doakan Rakyat Palestina

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengutuk keras atas aksi kejam Israel kepada rakyat Palestina. Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri kegiatan “Tabligh Akbar Save Palestina” bersama Komite Nasional Untuk Rakyat Palestina (KNRP) Sumatera Barat di Mesjid Raya Sumbar, Kota Padang, Minggu (20/7).

Gubernur menyampaikan keprihatinannya terhadap rakyat Palestina yang selalu ditindas oleh aksi kejam dari Israel. Menurutnya, Palestina, terutama wilayah Gaza harus merdeka karena itu merupakan hak semua bangsa.

“Apa yang dicari Israel di Palestina, terutama di Gaza ? Palestina harus merdeka, merdeka dari kekejaman Israel, karena itu hak semua rakyat,” katanya.

Gubernur sendiri menegaskan bahwa serangan yang dilancarkan oleh tentara Israel sudah melewati batas, apalagi saat ini merupakan bulan suci Ramadhan. “Ini sudah kelewatan, apakah yang dicari Israel disana, kemungkinan karena adanya Baitul Maqdis,” terangnya.

Ia menjelaskan, seluruh bangsa dunia, terutama umat muslim harus turun bahu membahu dalam membantu penderitaan rakyat Palestina.

“Ini merupakan kewajiban kita bersama sebagai umat muslim. Kita tahu, bahwa disana (Palestina) ada Baitul Maqdis yang menjadi kiblat pertama umat muslim, dan sebagai umat muslim kita wajib menjaganya,” tuturnya.

Selain itu, Gubernur juga mengajak masyarakat Sumatera Barat untuk memberikan dukungan guna meringankan beban rakyat Palestina. “Kita tidak perlu dukungan fisik, karena mereka sudah siap untuk fisik. Diperlukan sekarang itu adalah doa kita setiap ibadah, ditambah donasi kita bagi yang mampu,” tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut, Pemprov Sumatera Barat juga berjanji akan mengirimkan donasi sebesar Rp.100 juta yang berasal dari sumbangan SKPD. Ditambah dari Pemerintah Kota (Pemko) Padang sebanyak Rp.500 juta.

Sementara, KNRP Sumatera Barat dalam kesempatan yang sama juga menggelar aksi 1.000 kotak untuk Palestina. “1.000 kotak ini merupakan donasi yang diberikan oleh jemaah yang hadir dalam kegiatan ini. Selanjutnya, 1.000 kotak ini akan kita kirimkan kepada rakyat Palestina,” kata Ketua Panitia Pelaksana Tabligh Akbar, Jimmy Syah Putra Ginting.

Tampak hadir hampir 500 masyarakat yang berasal dari sejumlah daerah di Sumatera Barat.

Komentar
BERITA TERKAIT