Kebiasaan yang Menjadi Penyakit

Keb

Kebiasaan Makan Orang Indonesia yang Sering Bikin Sakit. Foto : Istimewa

Kesehatan tubuh merupakan aset yang sangat penting bagi setiap orang sehingga harus benar-benar dijaga agar tidak mudah terserang berbagai penyakit. Nah, untuk menjaga kesehatan tubuh, biasanya para ahli menganjurkan kepada setiap orang untuk melakukan kebiasan-kebiasaan yang baik seperti menjalani gaya hidup yang sehat dan menjaga pola makan yang seimbang agar asupan nutrisi didalam tubuh terpenuhi.

Namun permasalahan yang sering terjadi terutama di Indonesia adalah seringnya mereka mengkonsumsi makanan yang tidak seimbang sehingga tanpa disadari hal ini bisa menyebabkan mereka mudah jatuh sakit.

Berikut 6 kebiasaan makan orang indonesia yang sering bikin sakit dan sebaiknya harus dirubah agar hidup lebih sehat nutrisi terpenuhi.

1. Nasi segunung, protein sedikit
Kebiasaan makan yang pertama masyarakat indonesia adalah lebih banyak mengkonsumsi nasi tetapi protein hanya sedikit. Padahal kebiasaan makan seperti ini akan membuat seseorang lebih cepat menjadi gemuk karena asupan karbohidrat yang masuk tidak disesuaikan dengan aktivitas fisik yang dilakukan sehari-hari.

Memang nasi merupakan makanan pokok masyarakat indonesia sehingga bagi sebagian orang mengkonsumsi nasi adalah hal yang wajib ada dalam menu sehari-hari. Walaupun begitu tetapi sebaiknya harus seimbang antara karbohidrat dan protein jangan terlalu berlebihan.

2. Sedikit-sedikit sambal
Siapa yang tak suka sambal ? mayoritas masyarakat indonesia sudah pasti menggemari sambal. Bagi mereka makan tanpa sambal seperti sayur tanpa garam sehingga hal ini harus ada sebagai teman makan nasi. Sambal yang terbuat dari cabe memang bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung vitamin C dan capcaisin yang berfungsi menangkal radikal bebas.

Namun, kebiasaan orang indonesia biasanya mereka suka makan sambal secara berlebihan sehingga hal ini tidak baik bagi kesehatan karena bisa menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan dan bisa menyebabkan mencret. Selain itu, sambal juga bisa membuat penyakit maag seseorang menjadi kambuh.

3. Kebanyakan santan
Makanan yang mengandung santan sangat sering kita jumpai didalam menu sehari-hari masyarakat indonesia. Makanan bersantan memang menggiurkan karena bisa membuat masakan menjadi lezat dan gurih, namun apabila kebanyakan mengkonsumsi makanan yang bersantan akan membuat seseorang mengalami gangguan pada pencernaan.

Biasanya makanan bersantan sangat banyak pada saat hari lebaran sehingga tak heran apabila banyak orang yang menjadi sakit setelah habis lebaran karena terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan seperti ini.

4. Gila-gilaan makan jeroan
Jeroan memang sangat enak sehingga banyak orang atau masyarakat indonesia yang gemar mengkonsumsi makanan satu ini. Tidak hanya jeroan kambing atau sapi saja yang sering dikonsumsi namun jeroan ayam juga sering dikonsumsi oleh masyarakat indonesia.

Mengkonsumsi jeroan atau isi perut seperti usus, hati dan lainnya ternyata bisa mempengaruhi kesehatan kita loh. Kandungan purin yang tinggi didalam jeroan bisa menyebabkan penyakit asam urat. Walaupun makanan ini mengandung manfaat yang baik bagi kesehatan namun apabila dikonsumsi berlebihan sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh.

5. Kurang makan buah dan sayur
Buah dan sayur merupakan makanan yang baik bagi kesehatan tubuh karena mengandung berbagai macam vitamin. Namun masih ada sebagian masyarakat indonesia yang tidak suka dan kurang peduli pentingnya mengkonsumsi sayur dan buahan.

Sayur-mayur masih banyak dikonsumsi orang Indonesia lewat lalapan, urap dan sejenisnya. Namun nutrisi tertentu seperti beberapa jenis vitamin tidak cukup hanya dari sayur, melainkan harus didapat dari buah-buahan terutama yang berwarna-warni.

Komentar

Kesehatan