Kantor Jokowi Ada Alat Sadap ?

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo.
Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo.

Penemuan alat sadap ternyata tidak hanya terjadi di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Jalan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat. Alat serupa juga ada di kantor Jokowi, di Balaikota Jakarta. “Ya, ada (di Balaikota),” kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Jumat (21/2/2014). Jokowi tidak mengungkapkan kapan penemuan alat sadap di kantornya itu.

Setelah penemuan itu, Jokowi mengadakan memorandum of understanding (MoU) dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) untuk mengamankan dokumen-dokumen penting di tempat tersebut. “Saya minta MoU dengan Lemsaneg untuk mengamankan dokumen di sini karena (dokumen) itu, kalau saya enggak penting,” ujarnya.

Seperti halnya penemuan alat sadap di rumah dinas, Jokowi juga enggan menduga-duga pihak yang meletakkan alat sadap di kantornya. Hal itu karena setiap hari banyak tamu yang datang menemuinya di kantornya. “Tamu ya ada kontraktor, supplier, warga, saya terima semua. Di rumah juga saya terima, enggak ada apa-apa. Siapa pun ketemu saya gampang, mau bicara apa gampang,” ujarnya.

Penemuan alat sadap di rumah Jokowi itu diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo, Kamis (20/2/2014). Menurut pengakuan Jokowi, alat-alat tersebut ditemukan pada sekitar Desember 2013, masing-masing di kamar tidur, ruang tamu pribadi, dan ruang makan yang biasa dipakai untuk rapat. [Kompas]

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT