Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Kantor Gubernur Diguyur Hujan, Lokasi Shalat Idul Adha Dipindahkan

Ilustrasi
Ilustrasi pelaksanaan Shalat Idul Adha. Foto : Tribunnews.com

Pelaksanaan Shalat Idul Adha di Kantor Gubernur Sumbar, Minggu (5/10) berlangsung terlambat. Hal ini dikarenakan guyuran hujan lebat yang terjadi saat Shalat akan dilaksanakan.

Awalnya, shalat sendiri dijadwalkan paling lambat digelar pukul 07.30 WIB. Namun, saat masyarakat sudah ramai memadati lapangan, tiba-tiba sekitar pukul 07.10 WIB hujan lebat langsung mengguyur para jemaah.

Akibatnya, panitia terpaksa memindahkan pelaksanaan shalat ke Mesjid Raya, Sumbar yang terletak tidak begitu jauh dari lokasi pertama tersebut.

Shalat sendiri akhirnya dimulai sekitar pukul 08.05 WIB setelah disarankan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno agar segera memulai shalat Idul Adha. Bertindak sebagai Imam, Yusran Lubis dan Khatib, Makmur Syarif yang juga merupakan Rektor IAIN Imam Bonjol Padang.

Dalam ceramahnya, Makmur berpesan agar masyarakat mampu bisa mementingkan untuk melaksanakan Qurban. “Kalau kita sudah mampu hendaklah kita berqurban. Karena, ibadah ini juga dilakukan sekali setahun,” katanya.

Ia juga menerangkan, betapa pentingnya bagi orang yang mampu untuk berangkat haji. “Terutama bagi yang mampu, kalau sudah mampu, pergilah berhaji, jangan menumpukkan harta sebanyak-banyaknya. Karena, haji merupakan ibadah bagi orang yang telah mampu,” tuturnya.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha sendiri diakhir dengan doa bersama dipimpin sang Khatib.

Untuk diketahui, terlihat banyak masyarakat Kota Padang sudah melaksanakan Hari Raya Idul Adha pada Sabtu (4/10) kemarin, seiring dengan penetapan Muhammadiyah. Kemudian, sehari sebelumnya, Jumat (3/10), sekitar 3.000 Jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Sumbar juga telah melaksanakannya, disudahi dengan pemotongan hewan qurban.

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT