Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Kamis, Ajang Internasional Dragon Boat 2014 Dimulai

Ajang Dragon Boat Internasional. Foto : Istimewa
Ajang Dragon Boat Internasional. Foto : Istimewa

Ajang Padang Internasional Dragon Boat (PIDB) ke-12 pada tahun 2014 akan resmi ditabuh mulai Kamis (21/9) besok di Kota Padang. Event olahraga dayung internasional ini sendiri akan berlangsung di sepanjang aliran Banjir Kanal, Komplek GOR Haji Agus Salim Padang, selama empat hari hingga berakhir dengan penutupannya pada Minggu (24/8).

Adapun dari persiapan event akbar ini terus dilakukan, baik dari sarana dan prasarananya terus dibenahi panitia penyelenggara. Di samping itu, peserta atau masing-masing regu pun, jugatelah banyak yang mendaftar baik di tingkat kota/kabupaten, provinsi, nasional bahkan dari mancanegara.

Sehingga dipastikan berlangsung meriah dan menghibur yang tentunya dapat mendongkrak pendapatan ekonomi masyarakat dan meningkatkan laju parawisata di Sumatera Barat khususnya Kota Padang.

“Pada pembukaan PIDB ke-12 nanti rencananya akan dibuka Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Sementara itu, perihal peserta dari mancanegara yang telah mendaftar baru tiga negara. Diantaranya, Malaysia, Filipina dan Kamboja yang sudah mendaftar dan dipastikan ikut. Kemungkinan masih ada negara lain yang akan menyusul,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Padang, Suardi di ruangannya Selasa (19/8).

Suardi menjelaskan, sebenarnya sejak awal persiapan, pihaknya hanya menargetkan lebih kurang tiga sampai lima negara yang akan mengikuti ajang PIDB ke-12 ini. Selain faktor besarnya anggaran, terbatasnya jumlah peserta juga dipengaruhi dengan jadwal penyelenggaraan yang singkat dan persiapan bagi negara yang datang.

“Untuk besar anggaran dari seluruh kegiatan tersebut mencapai Rp 900 juta. Anggaran itu sudah termasuk hadiah yang akan diperebutkan peserta dengan total Rp 350 Juta. Sebagaimana, Rp 140 juta untuk medali dan 205 juta untuk pemenang secara keseluruhan. Jadi, dengan hadiah yang cukup besar diprediksi lomba ini akan berjalan sengit dan berdampak positif pastinya,” ungkapnya.

Ditambahkannya, untuk semaraknya kegiatan itu, di lokasi pertandingan juga digelar berbagai pertunjukan kesenian daerah serta beberapa saung yang menjual kuliner khas Ranah Minang. Karena biasanya pengunjung dari berbagai Kota di Indonesia dan juga para turis asing dari luar negeri akan menyaksikan event ini.

“Harapan kita tentunya, semoga PIDB ke-12 ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Selanjutnya, juga bisa menjadi tolok ukur dari hasil latihan yang selama ini dijalani para atlet dayung baik di tingkat kota, provinsi dan nasional yang juga bersaing dengan atlit mancanegara. Sehingga, para atlet dari masing-masing kelompok dan kesatuan akan berjuang keras menampilkan kemampuan terbaiknya untuk menjadi pemenang,” tutupnya.

(Humas dan Protokol Pemko Padang)

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT