KAI Sumbar Kembali Tertibkan Bangunan Liar

Penertiban Oleh PT KAIPT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre Regional II Sumatera Barat (Sumbar) kembali melalukan penertiban bangunan liar pada sepanjang rel kereta api di kawasan Stasiun Pulau Air Kota Padang, Kamis (26/12) kemarin.

171 bangunan liar (Bangli) yang berada dijalur kereta api menjadi sasaran penggusuran dari PT KAI. Pasalnya, Bangli tersebut letaknya tepat pada jalur kereta api. “Ada 171 bangunan yang kita tertibkan, 128 Bangli diantaranya sudah ditertibkan sendiri oleh masyarakat, hal ini dikarenakan, bangunan liar itu tepat terletak pada jalur perlintasan rel,” kata Manajer Humas PT KAI Divre II Sumbar, Sy Romeyo saat dihubungi, Jumat (27/12) tadi pagi.

Dijadwalkan, hari ini PT KAI juga akan melakukan pembersihan terhadap Bangli yang terhadap di kawasan Muara Kota Padang. Adapun Bangli yang digusur, berjarak 6 meter dari perlintasan rel kereta api tersebut.

Dia juga menyebutkan, pada kawasan Tarandam, yang baru ditertibkan hanya 3 meter, dan untuk 3 meternya lagi akan diberikan keringanan tenggang waktu kepada masyarakat sekitar.

“Untuk yang 3 meter lagi, kita berikan tenggang waktu kepada warga disana, walaupun itu hak PT KAI, tapi kita tidak boleh-lah semena-mena kepada masyarakat disana,” tuturnya.

Selain itu, pengoperasian kereta api sendiri tergantung Dinas Perhubungan. Pasalnya, PT KAI Divre II Sumbar bekerja sama dengan Instansi terkait tersebut untuk pengoperasiannya. (Pty/wn)

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT