Kadis Perdagangan : Jika Ada Pungli, Laporkan !

Ilustrasi. Pasar Raya Padang. Foto : Istimewa

Dinas Perdagangan Kota Padang mengingatkan kepada masyarakat, jika mengetahui ada Pungutan Liar (Pungli) di Pasar Raya, Padang agar segera melaporkannya.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal menyebutkan, praktik Pungli bisa saja terjadi dimanapun. Tak terkecuali di Pasar Raya, Kota Padang. Namun demikian, Endrizal menyatakan, jika pihaknya berusaha untuk meminimalisir akan terjadinya praktik tersebut.

“Saat ini kami sudah membuat pengumuman yang berisi nomor pengaduan kepada ‘Tim Saber Pungli’, jika ada pungli silahkan laporkan ke nomor tersebut,” kata Endrizal di Padang, Selasa (3/10/2017).

Disinggung soal adanya pemberitaan yang menyebut terjadinya praktik Pungli pada Blok III Pasar Raya, Kota Padang, Endrizal pun menampiknya.

Menurutnya, pemberitaan itu mengada-ada dan berunsur politis. “Jika benar ada pungli, kenapa tidak dilaporkan langsung,” tanya Endrizal.

Selain itu, Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Kota Padang, Muhammad Yani mengatakan, jika pemberitaan itu tidak benar.

“Berita itu hoax. Jika tidak tahu dengan pasar lebih baik diam,” tegas Yani.

Lanjut Yani, pungutan senilai Rp 5 juta per kios merupakan kesepakatan bersama pedagang. “Tanpa ada paksaan sedikitpun,” kata Yani.

Seperti diketahui, sepekan belakangan, beredar berita terkait adanya praktik Pungli pada Blok III Pasar Raya. Pemberitaan itu menyebutkan, jika pedagang dimintai biaya untuk memasang kerangkeng besi dan Rolling Door pada setiap kios.

[Humas Kota Padang]

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT